Bupati Pekalongan Janjikan Beasiswa untuk Pelajar Asal Papua yang Sekolah di Wilayahnya

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswi asal Papua yang belajar di Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Janjikan Beasiswa untuk Pelajar Asal Papua yang Sekolah di Wilayahnya
(ARI HIMAWAN SARONO)
Bupati, Kapolres, dan Danramil Bojong, Pekalongan Jawa Tengah foto bersama dengan para pelajar papua. 

TRIBUNPAPUA.COM, PEKALONGAN - Kepolisian bersama Pemerintah Daerah dan TNI serta para pelajar asal Papua menggelar silaturahim di SMA Negeri 1 Bojong Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2019).

Silaturahim yang diinisiasi oleh Polres Pekalongan tersebut bertajuk, Kita Semua Bersaudara, Kita Satu Bangsa Indonesia, Kita Jaga Keutuhan NKRI.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meminta kepada pelajar Papua yang ada di wilayahnya untuk menjadikan Kabupaten Pekalongan sebagai rumah kedua, setelah kampung halamannya sendiri.

“Karena Kabupaten Pekalongan masyarakatnya ramah dan menghargai keberadaan mereka, sehingga saya melihat dari ekspresi mereka, Kabupaten Pekalongan sudah seperti rumah mereka sendiri,” kata Asip.

Hingga Jumat Sore Layanan Data Belum Juga Tersedia, Warga Jayapura Papua Tagih Kejelasan Kominfo

Asip mengatakan, akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswi asal Papua yang belajar di Kabupaten Pekalongan dan berharap mereka dapat menyelesaikan sekolah dengan baik, serta melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Di Pekalongan sudah ada beberapa perguruan tinggi seperti UNDIP, IAIN Pekalongan, ITS NU, UMPP,” ujar Asip.

Bupati berharap, setelah menyelesaikan studi di Kabupaten Pekalongan, kelak para pelajar asal Papua tersebut bisa kembali ke daerah asalnya dengan bekal pendidikan dan pengetahuan serta wawasan yang luas.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengajak para pelajar sebagai generasi sekarang untuk menjaga keamanan di lingkungan masyarakat.

5 Mahasiswa asal Papua yang Kuliah di Mojokerto Mendapatkan SIM Gratis

"Kita semua bangsa Indonesia bersaudara, yang terjadi negatif di provinsi lain jangan ditiru. Kita harus berpikir luas ke depan. Potensi yang kita miliki harus digunakan untuk hal-hal yang positif, jangan merugikan,” ungkap Kapolres.

Salah seorang pelajar asal Papua, Adelia Sikowai (15) mengaku senang dengan banyaknya perhatian untuk para palajar Papua di Pekalongan.

Di SMA Negeri 1 Bojong terdapat 10 pelajar asal Papua yang sedang menempuh pendidikan.

"Bersyukur sekali ditawari beasiswa sama Bapak Bupati. Kami di sini hidup tenang, tolong-menolong, orangnya juga baik," ujar Adelia.

(Kontributor Pekalongan, Ari Himawan Sarono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Pekalongan Janjikan Beasiswa untuk Pelajar Asal Papua"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved