Mobil Esemka

Gaikindo Puji Esemka yang Berani Mulai Debutnya di Kendaraan Niaga

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto apresiasi langkah Esemka memulai debut pertamanya sebagai merek otomotif di Tanah Air melalui kendaraan niaga ringan

Gaikindo Puji Esemka yang Berani Mulai Debutnya di Kendaraan Niaga
(KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)
Mobil ESEMKA 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - PT Solo Manufaktur Kreasi memulai debut pertamanya sebagai merek otomotif di Tanah Air, melalui kendaraan niaga ringan jenis pikap, yakni Esemka Bima berkapasitas 1.200 cc dan 1.300 cc.

Langkah awal ini dilakukan karena sesuai dengan strategi dan visi-misi Esemka untuk menggerakkan perekomonian di daerah pinggiran, di samping melihat respons masyarakat.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto apresiasi langkah Esemka ini, meski bila berbicara volume penjualan mobil, kendaraan keluarga tujuh penumpang masih yang paling banyak diminati.

"Kita sangat apresiasi, karena ini bisa menambah pilihan masyarakat dalam memilih kendaraan yang cocok. Saya tidak bisa berkomentar jauh terkait strategi mereka, ingin perkenakan mobil jenis sedan, SUV, MPV, pikap, atau apapun, yang jelas Gaikindo sebagai asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia menyambut baik," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Diresmikan hari Ini, Esemka Jadi Pabrik Mobil Pertama di Jawa Tengah

Jongkie berharap, Esemka mampu menjadi salah satu merek otomotif yang dapat diandalkan di Tanah Air.

"Kami bukan penasihat, jadi tidak akan ikut campur. Silahkan saja ingin perkenalkan model apa, kapasitas mesinnya berapa, ingin tambah berapa diler, dan di mana saja," katanya.

"Lalu, jika Esemka ingin jadi anggota Gaikindo, kita sambut dengan tangan terbuka. Asalkan, mereka sudah mendapat pengakuan dari Kementerian Perindustrian," ucap Jongkie lagi.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan, sebagai tahapan awal, pihaknya akan menghadirkan dua kendaraan niaga bermesin bensin berkapasitas 1.2  L dan 1.3 L.

Selain untuk Angkut Barang, Mobil Esemka Juga Bisa Diubah Jadi Angkot

Kendati demikian, bukan berarti Esemka hanya akan memasarkan kendaraan niaga saja di Indonesia.

Mereka juga memiliki beberapa model lain, salah satunya Sport Utility Vehicle (SUV), yang akrab dipanggil Garuda.

"Tapi ini masih lama. Kita tahu, kompetisi untuk kendaraan penumpang apalagi SUV cukup berat dengan persaingan yang banyak. Kalau yang double cabin, kita juga ada tapi secara harga itu cukup tinggi, jadi kita belum dulu luncurkan. Tunggu saja," katanya beberapa waktu lalu.

(Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Puji Esemka yang Berani Main di Kendaraan Niaga"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved