Kerusuhan di Papua

Ratusan Mahasiswa Papua Pulang Kampung, Ketua MRP Bantah Maklumat yang Dikeluarkan Jadi Penyebab

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) membantah kepulangan ratusan mahasiswa Papua, lantaran maklumat yang pernah dikeluarkan MRP pada 21 Agustus 2019.

Ratusan Mahasiswa Papua Pulang Kampung, Ketua MRP Bantah Maklumat yang Dikeluarkan Jadi Penyebab
KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI
Ketua MRP Timotius Murib 

TRIBUNPAPUA.COM - Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib membantah kepulangan ratusan mahasiswa Papua ke daerah asalnya, lantaran maklumat yang pernah dikeluarkan MRP pada 21 Agustus 2019.

"MRP dalam mengeluarkan maklumat telah melalui proses dan prosedur yang berlaku, tidak ada tekanan," ujar Timotius di Jayapura, Selasa (10/9/2019).

Menurut Timotius, maklumat itu merupakan keputusan dari 28 kabupaten/kota.

Jokowi Janjikan 1.000 Mahasiswa Papua Bisa Bekerja di BUMN dan Perusahaan Swasta Besar

Sebanyak 50 anggota MRP menyikapi situasi yang mengancam kehidupan mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di luar Papua.

"Kami menyikapi situasi yang mengancam adik-adik kami di kota studi dan MRP juga terdesak dengan demo (19 Agustus), sehingga MRP segera mengeluarkan maklumat agar mereka lebih tenang," tutur Timotius.

Timotius menolak anggapan bahwa maklumat yang dikeluarkan MRP dibuat secara terburu-buru, sehingga mendorong para mahasiswa tersebut pulang kampung.

Bupati Mamberamo Tengah Papua Tanggapi Puluhan Mahasiswa di Daerahnya yang Memilih Pulang Kampung

Timotius menegaskan, maklumat tersebut harus dibaca secara utuh dan tidak dimaksudkan untuk mendorong para mahasiswa meninggalkan tempat studinya.

Menurut Timotius, walau bagaimanapun, mahasiswa yang sudah pulang ke Papua harus diperhatikan dan segera dicarikan solusi mengenai kelanjutan menempuh program studi.

Ia pun meminta mahasiswa asal Papua yang saat ini masih berada di tempat studinya untuk tidak mengikuti jejak teman-temannya yang lebih dulu pulang kampung.

Sebut Ada 700 Mahasiswa Papua Pilih Pulang Kampung, Ini Tanggapan Kapolda Papua

"Bagi mereka yang rasa aman, biar saja mereka melanjutkan kuliah di tempat studi mereka. Bagi mereka yang pulang itu lah yang kita carikan solusi terbaik," kata Timotius.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved