BJ Habibie Meninggal Dunia

Menteri Perindustrian: Pesawat R80 Karya BJ Habibie akan Diusulkan Jadi Proyek Startegis Nasional

Pesawat karya almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, R80, akan diusulkan menjadi proyek strategis nasional.

Menteri Perindustrian: Pesawat R80 Karya BJ Habibie akan Diusulkan Jadi Proyek Startegis Nasional
(KOMPAS.com/Sabrina Asril)
Presiden Ketiga RI BJ Habibie menunjukkan miniatur pesawat R80 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Puspitek, Tangerang, Senin (13/4/2015). Pesawat itu rencananya akan dibuat oleh Regio Aviasi Industri yang ingin dimiliki Habibie. 

TRIBUNPAPUA.COM - Pesawat karya almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, R80, akan diusulkan menjadi proyek strategis nasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Khusus mengenai dirgantara, yang R80 kami sudah usulkan menjadi proyek strategis nasional," ujar Airlangga.

 

Putra Sulung Habibie Ingin Pesawat R80 yang Dirancang Ayahnya Bisa Terwujud

Dia mengatakan, proyek R80 selalu menjadi salah satu hal yang dibahas oleh BJ Habibie.

Pesawat R80 sendiri merupakan pesawat yang dirancang untuk penerbangan jarak pendek dengan kapasitas angkut 80-90 penumpang.

Airlangga bahkan menyatakan bahwa Habibie ingin menyalurkan keahlian dan kepiawaian di industri dirgantara itu juga bisa diaplikasikan ke industri lain.

Dua Pesawat Kertas yang Mendarat di Atas Makam BJ Habibie

"Jadi beliau tokoh yang sangat lengkap dan kaitannya dengan teknologi, beliau intinya ingin mencontohkan di teknologi dirgantara, tetapi aplikasinya ke industri lain," kata dia.

BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu.

Pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB, BJ Habibie menghembuskan napas terakhir setelah seluruh keluarganya dipanggil dan mendampinginya.

Air Mata Habibie Mengalir Dengar Pesan yang Dibisikkan Quraish Shihab di Pertemuan Terakhir Mereka

BJ Habibie kemudian dimakamkan di TMP Kalibata, tepat disamping makam istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara saat upacara pemakaman yang dilakukan secara militer itu dimulai. (Kompas.com/Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pesawat R80 Karya BJ Habibie Akan Dijadikan Proyek Strategis Nasional

Editor: mohamad yoenus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved