Prabowo Tunjuk 5 Purnawirawan sebagai Asisten Khusus Kemenhan, Mantan Komandan Tim Mawar Termasuk

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menunjuk lima purnawirawan jenderal sebagai asisten khusus Kemenhan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan anggarannya. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menunjuk lima purnawirawan jenderal sebagai asisten khusus Kemenhan.

Salah satu nama yang ditunjuk Prabowo sebagai asisten ialah mantan komandan Tim Mawar yakni Mayjen (Purn) Chairawan Kadarsyah Kadirussalam Nusyirwan.

Penunjukkan itu didasari Keputusan Menteri Pertahanan No. KEP/1869/M/IX/2019.

"Terhitung sejak mulai 6 Desember 2019 mengangkat sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan yang namanya tersebut masing-masing," demikian bunyi kutipan Keputusan Menhan yang diperoleh Kompas.com.

Dahnil Anzar Ungkap Alasan Prabowo Tunjuk Sjafrie Sjamsoeddin Jadi Penasihat Khusus Menhan

Selain Chairawan, ada pula Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin yang penunjukkan lebih dulu dibenarkan oleh Staf Khusus Menhan bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak.

Adapun tiga purnawirawan jenderal sisanya yang ditunjuk sebagai Asisten Khusus Menhan ialah Letjen (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan, Laksdya (Purn) Didit Herdiawan, dan Marsda (Purn) Bonar H Hutagaol.

Untuk diketahui, Tim Mawar dikenal sebagai sebuah tim dalam Kesatuan Komando Pasukan Khusus Grup IV TNI AD. Tim ini diduga melakukan penculikan aktivis dalam tragedi 1998.

Sebelumnya Dahnil mengatakan, Prabowo menunjuk penasehat khusus lantaran pihak yang ditunjuk memiliki kapasitas mumpuni di bidang pertahanan.

Ahmad Dhani Berencana Bertemu Prabowo, Lieus Sungkharisma: Kami Kejar ke Mana Prabowo Ada

Salah satunya ialah Sjafrie yang tercatat pernah menjabat Wakil Menteri Pertahanan dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Pak Sjafrie punya latar belakang pengalaman yang panjang sebagai Wamenhan (Wakil Menteri Pertahanan) dan Sekjen Kemhan (Kementerian Pertahanan) serta pengalaman lain sebagai mantan perwira TNI," kata Dahnil melalui pesan singkat, Senin (30/12/2019).

"Kapasitas beliau sangat dibutuhkan oleh Pak Menhan memberikan berbagai masukan dan asistensi khusus untuk kerja-kerja Pak Prabowo sebagai Menhan," lanjut Dahnil.

(Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Prabowo Tunjuk 5 Asisten Khusus dari Purnawirawan, Ada Mantan Komandan Tim Mawar

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved