Detik-detik TNI-Polri Gerebek Transaksi Senjata, Anggota KKB Tewas Ditembak saat Lari ke Semak-semak

Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya tewas ditembak aparat keamanan di Nabire, Senin (20/1/2020).

Detik-detik TNI-Polri Gerebek Transaksi Senjata, Anggota KKB Tewas Ditembak saat Lari ke Semak-semak
(Dok Humas Polda Papua)
Barang bukti yang diamankan dari NM, anggota KKB Intan Jaya, yang dilumpuhkan di Kabupaten Nabire, Papua, pada 20 Januari. 

TRIBUNPAPUA.COM - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya tewas ditembak aparat keamanan di Nabire, Senin (20/1/2020).

NM (35) yang disebut menjabat sebagai komandan operasi umum KKB Intan Jaya di wilayah Mepagoo Kodap 29 akhirnya tewas setelah mengalami luka tembak di bagian pinggang.

Kronologi Komandan Operasi KKB di Intan Jaya Papua Tewas Ditembak saat Beli Senjata Api

"Keberadaan NM diketahui di Kabupaten Nabire dari hasil penyelidikan dalam rangka untuk membeli senjata dan amunisi yang akan dikirim ke Sugapa, Intan Jaya untuk KKB," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, seperti dilansir melalui rilis, Rabu (22/1/2020).

Kamal menuturkan, kejadian teraebut bermula pada Senin (20/01/2020) pukul 04.00 Wit, Tim gabungan TNI-Polri Nabire bergerak menuju Kampung Nifasi area Pantai Nusi Distrik Makimi Kabupaten Nabire untuk melaksanakan penangkapan terhadap Pelaku KKB.

Pukul 06.00 WIT, tim tiba di Pantai Nusi dan langsung melakukan pengecekan lokasi yang diyakini akan dijadikan tempat transaksi jual beli senjata api.

Dugaan tersebut muncul dari hasil penyelidikan tim gabungan.

Kemudian pukul 08.50 WIT, tim gabungan TNI-Polri Nabire melihat bahwa NM bersama dua orang lainnya menggunakan mobil bergerak dari arah Pantai Nusi hendak menuju Kota Nabire. Lalu tim mengikuti mobil pelaku dan mengadang mobil pelaku.

"Tim menggunakan 2 unit mobil, 1 unit mobil melakukan pengadangan dari arah belakang dan 1 unit mobil lainnya melakukan penghadangan dari arah depan mobil tersangka," kata Kamal.

Satu Anggota KKB di Intan Jaya Papua Tewas Ditembak TNI-Polri, Diduga Hendak Beli Senjata Api

Dalam kejadian tersebut, tim dari gabungan TNI-Polri Nabire sempat memberikan tembakan peringatan sebanyak 2 kali, namun pelaku tidak menghiraukannya.

Dua pelaku melarikan diri ke arah bukit, sedangkan NM yang hendak melarikan diri ke arah semak-semak ditembak oleh anggota Tim gabungan TNI-Polri Nabire di bagian pinggang.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved