Petugas CPNS Pergoki Jimat Disembunyikan para Peserta, Ada yang Sampai Memohon Jangan Dibuka

Tim pelaksana seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tujuh kabupaten dan kota di Jawa Tengah kembali menemukan jimat.

(ISTIMEWA) (Kompas.com)
Dua buah benda yang diduga adalah jimat yang dibawa dua peserta berbeda saat tes SKD CPNS 2019 di Semarang. 

TRIBUNPAPUA.COM -  Tim pelaksana seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tujuh kabupaten dan kota di Jawa Tengah kembali menemukan jimat yang dibawa peserta pada saat hendak mengikuti tes seleksi.

Sebelumnya diberitakan dua peserta seleksi dari Kabupaten Tegal ketahuan membawa jimat pada saat dilakukan body checking oleh tim pelaksana.

Selesai Kerjakan Tes SKD, Pelamar CPNS di Probolinggo Melahirkan

Hari ini, Jumat (7/2/2020), giliran peserta seleksi CPNS dari Kabupaten Brebes ketahuan membawa jimat sebelum memasuki ruangan tes di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Panitia tes CPNS Aditya Putra menemukan seorang peserta membawa jimat berupa barang yang dibungkus oleh kertas pada saat dilakukan body checking.

"Barang itu sudah langsung disita," jelas Aditya di Udinus Semarang, Jumat (07/02/2020).

Aditya tak membeberkan isi jimat di dalam kertas tersebut, lantaran pemiliknya memohon kepada panitia untuk tidak boleh membukanya.

Dari pengawasan tim pelaksana selama beberapa hari ini, lanjut Aditya peserta yang ketahuan membawa jimat biasanya diletakan di beberapa bagian seperti sabuk dan di dalam kutang.

"Pada saat body checking peserta yang bawa jimat kalau yang wanita selama ini ditaruh di kutang, sementara untuk yang laki-laki di taruh di sabuk," katanya. 

Body checking peserta seleksi CPNS di Udinus Semarang.
Body checking peserta seleksi CPNS di Udinus Semarang. ((KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA))

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo, memberikan saran kepada peserta seleksi CPNS untuk percaya pada diri sendiri, memohon restu orang tua dan berdoa kepada Tuhan agar dapat menjalankan ujian dengan lancar.

Ini Cara Ajukan Sanggah Lewat Sscn.bkn.go.id jika Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2019

"Seharusnya peserta tes CPNS itu meminta doa kepada orang tua dan berserah kepada Tuhan. Melalui doa orang tua dengan berserah diri kepada Tuhan, apa yang diinginkan akan tercapai," jelasnya.

Kegiatan tes SKD CPNS ini tengah berlangsung sejak 1 hingga 15 Februari 2020 mendatang.

Sebelumnya tes SKD telah diikuti peserta untuk CPNS daerah Kabupaten Tegal mulai tanggal 1 hingga 6 Februari 2020 dengan diikuti oleh 12.898 peserta.

Sedangkan tes SKD untuk daerah Kabupaten Brebes diikuti oleh 2.960 peserta.

(Kompas.com/ Kontributor Semarang, Riska Farasonalia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ragam Cara Peserta CPNS Sembunyikan Jimatnya, Taruh di Balik Baju hingga Ikat Pinggang"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved