Heli MI-17 yang Hilang di Papua Ditemukan, TNI Fokus Siapkan Evakuasi

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab telah mengkonfirmasi bila titik kordinat jatuhnya heli MI-17 milik TNI AD di Papua telah ditemukan.

Heli MI-17 yang Hilang di Papua Ditemukan, TNI Fokus Siapkan Evakuasi
Dok. Pendam XVII/Cenderawasih via Kompas.com
Titik jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang kontak di Pegunungan Bintang, Papua, Senin (10/02/2020). 

TRIBUNPAPUA.COM - Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab telah mengkonfirmasi bila titik kordinat jatuhnya heli MI-17 milik TNI AD yang hilang kontak di Pegunungan Bintang, Papua, sejak 28 Juni 2019, telah ditemukan.

Puing-puing MI-17 terlihat di salah satu tebing di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Selanjutnya kami akan fokus untuk melakukan kegiatan evakuasi terhadap korban. Evakuasi harus dipersiapkan dengan matang mengingat lokasi puing berada di tebing dengan sudut hampir 90 derajat," ujar Asaribab, melalui rilis, Senin (10/2/2020).

Lokasi Jatuhnya Heli MI-17 yang Hilang di Papua Dianggap Sakral, TNI Minta Izin Warga untuk Evakuasi

Ia berterima kasih kepada Bupati dan masyarakat Pegunungan Bintang serta unsur TNI-Polri atas partisipasinya sebagai pemberi informasi dan penunjuk jalan menuju lokasi jatuhnya heli tersebut.

Asaribab menyatakan, dari pengamatan udara terhadap puing-puing pesawat, kuat dugaan bahwa heli tersebut menabrak dinding tebing saat cuaca berkabut tebal.

Sebelumnya diberitakan, Helikopter MI-17 dengan nomo registrasi HA-5138 milik Penerbangan TNI AD hilang kontak saat terbang dari Bandara Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang ke Bandara Sentani Jayapura, Papua, Jumat (28/6/2019).

Hilang 7 Bulan di Papua, Helikopter MI-17 Milik TNI AD Akhirnya Ditemukan

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi mengatakan, helikopter itu hilang kontak sekitar pukul 14.00 WIT, saat menjalani misi penerbangan.

Helikopter dilaporkan membawa 12 orang terdiri dari 7 orang kru dan 5 orang personel Satgas Yonif 725/Wrg yang akan melaksanakan pergantian pos.

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Heli MI-17 yang Hilang di Papua Ditemukan di Pegunungan Mandala, Evakuasi Korban Disiapkan

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved