Klarifikasi Pemkab Gresik soal Viralnya Patung Gajah yang Disebut Telan Biaya Hampir Rp 1 Miliar

Keberadaan landmark dan patung gajah yang terletak di perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur, terus ramai menjadi perbincangan warga dan di dunia maya

Klarifikasi Pemkab Gresik soal Viralnya Patung Gajah yang Disebut Telan Biaya Hampir Rp 1 Miliar
(KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH)
Penampakan patung gajah yang ramai menjadi perbincangan warga, yang terletak di perlimaan Sukorame, Gresik. 

TRIBUNPAPUA.COM - Keberadaan landmark dan patung gajah yang terletak di perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur, terus ramai menjadi perbincangan warga dan di dunia maya.

Polemik tersebut, selain dikarenakan bentuk patung gajah yang lucu dan terkesan unik, juga ditengarai dikarenakan kisaran biaya proyek yang menyentuh hampir Rp1 miliar.

PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengerjaan proyek tersebut sudah membenarkan estimasi tersebut, dengan kisaran biaya itu bukan hanya untuk pengerjaan patung gajah melainkan landmark secara keseluruhan yang berada dalam dua spot berhadapan.

Ramai Diperbincangkan, Inilah Patung Gajah di Gresik yang Disebut Telan Biaya Hampir Rp 1 Miliar

Petrokimia dalam hal ini, diminta bantuan oleh Pemkab Gresik untuk membuat dan mengerjakan landmark tersebut sebagai salah satu perusahaan yang berdiri atau beroperasi di wilayah Kabupaten Gresik.

Selain Petrokimia Gresik, perusahaan lain seperti PT Wilmar Nabati Indonesia dan PT Smelting, juga sudah melakukan pembangunan landmark di lokasi yang berbeda terlebih dulu.

Penampakan patung gajah yang ramai menjadi perbincangan warga, yang terletak di perlimaan Sukorame, Gresik.
Penampakan patung gajah yang ramai menjadi perbincangan warga, yang terletak di perlimaan Sukorame, Gresik. ((KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH))

 

Viral Video Emak-emak Dipukul Kayu Juru Parkir, Ini Penjelasan Anggota DPRD Gresik

"Pemkab Gresik dalam rangka menata keindahan kota mempunyai konsep-konsep mengenai nilai luhur dan sejarah, yang belum banyak diketahui orang itu harus diangkat," ujar Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Sekda Pemkab Gresik Ida Lailatussa'diyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/2/2020).

"Supaya anak-cucu itu mengetahui sejarah yang ada di Kabupaten Gresik, dengan di tempatkan di lokasi strategis."

"Konsep tersebut memang kami tawarkan kepada perusahaan-perusahaan, dan kebetulan alhamdulillah dari pihak Petrokimia itu merespons, apalagi berada di wilayah Petrokimia," lanjut dia.

Adapun mengenai pembiayaan pengerjaan proyek, Ida menuturkan bila semua itu dilakukan oleh Petrokimia Gresik.

Warga Gresik Temukan 6 Kobra Bersarang di Urukan Material dalam Rumahnya, Evakuasi Butuh 2 Jam

Pemkab hanya memberikan desain layout landmark serta gambaran bentuk patung gajah yang terpajang di obyek atau spot tersebut, dengan gambaran tersebut didapat usai berkonsultasi bersama pihak ketiga.

Halaman
12
Editor: mohamad yoenus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved