Breaking News:

Kata Pakar Teknologi soal Rumor Kim Jong Un Kirim Kode Rahasia Lewat YouTube: Itu Hoaks

Menurut sumber media Korea Selatan, Pyongyang mengirim kode rahasia untuk ' mata-mata' melalui YouTube untuk pertama kalinya namun berita itu hoaks

(AFP/KCNA VIA KNS/STR)
Foto yang dirilis oleh kantor berita KCNA pada 1 Januari 2020 memperlihatkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan Partai Buruh, di mana dia mengumumkan penghentian moratorium penghentian uji coba senjata. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menurut sumber media Korea Selatan, Pyongyang mengirim kode rahasia untuk ' mata-mata' melalui YouTube untuk pertama kalinya namun berita itu terkonfirmasi hoaks.

Melansir Russian Today, Korea Utara dirumorkan untuk pertama kalinya menggunakan saluran YouTube untuk mengirim pesan rahasia ke mata-matanya di seberang perbatasan, demikian lapor media Korea Selatan.

Pada Sabtu kemarin (29/8/2020), Korea Utara dirumorkan telah menyiarkan pesan berkode kepada agennya, menggunakan YouTube dan bukan gelombang radio, menurut laporan Kantor Berita Yonhap dan outlet Selatan serta media internasional lain.

Pesan itu dibacakan oleh seorang penyiar wanita dan berisi kalimat seperti "Nomor 23 pada Halaman 564, nomor 19 pada Halaman 479" dan ditujukan ke “Nomor 719 agen ekspedisi".

Kode itu mirip contoh kriptografi teruji yang digunakan Pyongyang juga Seoul selama Perang Dingin untuk mengomunikasikan perintah kepada agen mereka di perbatasan antar-Korea.

Adik Kim Jong Un Ikut Hilang dari Hadapan Publik, Ahli Percaya Kim Yo Jong Takut Spekulasi dari Luar

Sebuah buku referensi diperlukan untuk mengurai maknanya.

Pesan dari Utara itu mulai dikirim lagi sejak beberapa tahun lalu setelah lama tidak berlangsung.

Saat itu, pemerintahan konservatif yang memusuhi Pyongyang sedang berkuasa di Seoul.

Pesan tersebut diliput secara luas oleh berita lokal, dengan tabloid Barat yang menyampaikan kepada pembacanya sebagai siaran "menyeramkan" yang mungkin dikirim oleh Kim Jong Un kepada mata-matanya.

Setelah sikap politik di Selatan bergeser ke arah pemulihan hubungan di bawah kepemimpinan baru, perhatian kepada sinyal Korut untuk mata-mata mereka mulai menyusut.

Kim Jong Un Muncul Pimpin Rapat Bahas Penanganan Virus Corona di Tengah Rumor Dia Koma

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved