Breaking News:

Dorong Transformasi Pendidikan di Papua Barat, Kemendikbud Nadiem Makarim Beri Bantuan TIK

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mendatangi SMPN 14 di Kabupaten Sorong, Papua Barat.

(DOK.Kemendikbud)
Nadiem saat mengunjungi SMPN 14 Kab.Sorong 

TRIBUNPAPUA.COM - Siswa SMPN 14 di Kabupaten Sorong, Papua Barat antusias mendapat bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Sejumlah siswa bercerita seputar pembelajaran yang lebih beragam setelah mendapatkan bantuan TIK dari Kemendikbud. 

“Dulu aku sulit mengerti bahasa Inggris. Setelah ada bantuan TIK, aku bisa mandiri mencari tahu bagaimana menyusun kalimat bahasa Inggris, bahkan cara mengucapkannya. Aku kemarin baru paham arti how are you?” ujar Andriana, siswi kelas VII ini dilansir dari rilis Kemendikbud.

Pada saat yang sama, Duta Rumah Belajar Papua Barat, Novita Sari mengatakan kedatangan Mendikbud ke SMPN 14 merupakan pengalaman berharga di Tanah Papua.

KKB Semakin Berulah di Provinsi Papua, Pemerintah Tak akan Berkompromi

Apalagi, saat ini masih berada dalam situasi pandemi yang membuat banyak pihak khawatir akan dampak ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Namun tekad Kemendikbud meningkatkan pendidikan anak-anak Papua dan Papua Barat terus berkibar.

“Banyak perubahan ketika anak-anak diberikan bantuan TIK. Semangat belajar mulai meningkat. Awalnya jenuh karena hanya membaca. Sekarang bisa browsing dan mencari sumber belajar yang beraneka ragam. Sekarang pelajaran lebih mudah mereka serap,” tutur Novita.

Kemendikbud, sebenarnya tidak hanya menerima bantuan fisik seperti peralatan TIK saja. Namun juga memberikan pilihan-pilihan pembelajaran bagi siswa.

Malah, dari bantuan ini bisa membantu siswa mewujudkan mimpi. Misalnya,
siswi SMPN 14 kelas VII, Rofita yang merasa senang Mendikbud mendukung cita-citanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Sejak ada bantuan laptop saya jadi senang mencari informasi. Tidak hanya untuk belajar, tapi juga untuk mencari inspirasi mengejar cita-cita,” kata Rofita di hadapan Mendikbud.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved