Breaking News:

Belajar dari Rumah

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3: Komponen-komponen yang Terdapat di Lampu Senter

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 SD/MI halaman 3 4 5 6 7 8 9 Subtema 1 Pembelajaran 1.

Freepik
Ilustrasi Belajar dari Rumah - Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3: Komponen-komponen yang Terdapat di Lampu Senter 

TRIBUNPAPUA.COM - Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 halaman 3 4 5 6 7 8 9 Subtema 1 Pembelajaran 1.

Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 edisi revisi 2018 mengusung judul Tokoh dan Penemuan, sementara Subtema 1 berjudul Penemu yang Mengubah Dunia.

Kunci jawabanBuku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 halaman 3 4 5 6 7 8 9 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 pembelajaran 1 Subtema 1 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan siswa SD/MI Kelas 6 Tema 3 serta beberapa sumber:

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD halaman 3

Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3: Fungsi Mulut dalam Sistem Pencernaan Manusia

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.

Halaman
1234
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved