Breaking News:

KKB Papua

Satgas Nemangkawi Sebut Paniel Kogoya Habiskan Dana Lebih dari Rp 1 Miliar untuk Pasokan Senjata KKB

Paniel Kogoya, sosok yang dianggap menjadi penyandang dana dan penyuplai senjata bagi KKB disebut habiskan dana Rp 1 miliar untuk beli senjata api.

Dok. Satgas Nemagkawi
Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya sesorang yang diduga menjadi penyandang dana untuk diberikan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) guna membeli senjata api. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Paniel Kogoya, sosok yang dianggap menjadi penyandang dana dan penyuplai senjata bagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), disebut telah menghabiskan dana lebih dari Rp 1 miliar untuk membeli berbagai jenis senpi.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Alqudusi, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, Paniel Kogoya mengakui telah membeli empat pucuk senjata api dan semuanya telah diberikan kepada KKB pimpinan Egianus Kogoya yang berada di wilayah Nduga, Kabupaten Intan Jaya.

“Nama Paniel Kogoya muncul dari pengakuan DC dan FA yang merupakan tersangka kepemilikan senjata api. Lalu kami tangkap Paniel Kogoya,” imbuh Iqbal.

Menurut Iqbal, dari hasil keterangan tersangka DC, diketahui sejumlah transaksi yang dilakukan oleh Paniel Kogoya.

Baca juga: Jenderal Andika Sebut Oknum TNI AD yang Membelot ke KKB Bawa Kabur 2 Magazen Berisi 70 Butir Peluru

Ternyata Paniel Kogoya sudah melakukan pemasokan senjata sejak 2018 dan sejumlah transaksi pembelian senjata api sejak Desember 2019. Di antaranya pembelian senjata jenis M4 senilai Rp300 juta.

Lalu, membeli dua pucuk senjata jenis M16 pada Desember 2019 dengan harga Rp300 juta.

Kemudian, memesan senjata seharga Rp550 juta pada awal tahun 2020.

“Paniel Kogoya diduga bersama-sama Geis Gwijangge telah memasok sejumlah senjata api dan amunisi kepada KKB,” imbuh Iqbal.

Lebih lanjut Iqbal mengungkapkan, sejumlah senjata api dan amunisi tersebut diketahui bersumber dari Decky Chandra Warobai yang saat ini berstatus narapidana di Lapan Kelas II Nabire.

Decky diketahui sebagai penghubung.

Baca juga: Video Kondisi Beoga Pasca-teror KKB, Ibadah Minggu Normal Kembali hingga Mama Papua Bisa Berjualan

Dari penelusuran Tim Satgas Gakkum Nemangkawi, diketahui pula Paniel Kogoya sebelumnya pernah menangani pekerjaan (kontraktor) pengadaan 1.000 unit solar cel atau PLTS di Kabupaten Intan Jaya.

“Paniel Kogoya tengah diperiksa di Polres Nabire,” imbuh Iqbal seperti dikutip dari TribunPapua, Senin (19/4/2021).

Berita lainnya terkait KKB Papua

(Kompas TV)

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul Paniel Kogoya Habiskan Dana Lebih dari Rp1 Miliar untuk Pasokan Senjata KKB Papua, Ini Rinciannya

Editor: Astini Mega Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved