Breaking News:

Mengenang Banjir di Kota Jayapura Akibat Sampah Plastik dan Botol di Kali Acai

Selain penunpukkan sampah dan botol plastik, sistem drainase di sepanjang jalan Abepura-Sentani juga tidak berfungsi dengan baik.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Nandi Tio Effendy
KALI ACAI - Tumpukan sampah dan botol plastik memadati aliran Kali Acai di Kelurahan Wai Morock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (30/6/2021). Pembersihan rutin dilakukan, namun kondisi ini belum teratasi. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Hujan deras yang mengguyur kurang lebih 2 jam, berujung pada meluapnya Kali Acai. Rumah-rumah pinggiran kali itu- kurang lebih dua kilo meter dari Pasar Youtefa – hingga jembatan Jalan Raya Abepura terendam air.

Di jalan pinggir kiri dan kanan kali Acai itu, air naik setinggi lutut orang dewasa. Kemudian, Pasar Youtefa dan perumahan di luar area pasar, teredam air semua. Air naik setinggi pinggang orang dewasa. Di area tertentu, ketinggian air bahkan lebih dari itu.

Kerjadian ini terjadi pada Sabtu (23/2/2019) silam. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada medio 2013.

Persoalannya cuma satu, yaitu menumpuknya sampah dan botol plastik di kali tersebut.

Baca juga: Miris, Sampah Plastik dan Botol Minuman Padati Kanal Kali Acai Kota Jayapura

Selain penunpukkan sampah dan botol plastik, sistem drainase di sepanjang jalan Abepura-Sentani juga tidak berfungsi dengan baik.

Apakah kondisi ini akan kembali menambah daftar bencana di Kota Jayapura?

Riswandi (35), warga sekitar Kali Acai, mengatakan dirinya melihat pembersihan Kali Acai oleh Pemerintah Kota Jayapura menggunakan alat berat, tiga bulan sekali.

"Tapi begitu sudah mas, apalagi kalau hujan lebat langsung banyak sampah di tempat ini," ujar pria yang mengaku sebagai mandor kuli bangunan.

Riswandi mengaku tak mengetahui dari mana sampah itu berdatangan, padahal sudah disediakan tempat sampah di sekitar sungai oleh dinas kebersihan setempat.

Dikatakan, upaya menghalangi sampah menuju laut lepas sudah dilakukan pemerintah lewat pemasangan filtrasi penyaringan ram besi.

Baca juga: Sampah Berserakan, Panorama Pantai Holtekamp dan Jembatan Youtefa Tercemar

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved