Breaking News:

MANFAAT BAYAM MERAH

Asal Usul Bayam Merah

Awalnya, bayam merah dikenal sebagai tumbuhan hias, namun di beberapa negara berkembang, bayam merah dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein.

Grid.id
Bayam merah 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Nadila Larajina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bayam merah atau yang memiliki nama latin Amaranthus tricolor L, merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tropik, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Awalnya, bayam merah dikenal sebagai tumbuhan hias, namun di beberapa negara berkembang, bayam merah dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein.

Nutrisi yang terkandung pada sayuran ini adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, folat, zat besi, kalsium dan magnesium.

Baca juga: 8 Manfaat Bayam Merah bagi Kesehatan Anda

Manfaat dari nutrisi yang terkandung adalah kesehatan mata agar membentuk sistem penglihatan yang baik, menjaga protein dalam tubuh, memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia serta melancarkan peredaran darah.

Bayam merah juga bisa menjadi obat untuk melawan sakit, seperti memperbaiki fungsi ginjal, mengobati asma, demam hingga meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: Bayam Merah Jadi Obat Alami Melawan Sakit

Kenyataannya, di dalam 100 gram bayam merah memiliki 51 kkal energi, 0,08 miligram vitamin B1 h, dan 0,5 gram lemak.

Selain itu terdapat 10 gram karbohidrat 1 gram serat makanan, 4,6 gram protein, 42 miligram sodium, 340 miligram potassium, dan 111 miligram fosfor.

Dalam bayam juga terkandung 368 miligram kalsium, 2 miligram besi, 1,9 miligram vitamin A dan 80 miligram vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: Cara Mengolah Bayam Merah untuk MPASI Bayi

Baca juga: Ini Manfaat Bayam Merah Untuk Bayi

Sayuran ini juga bisa diolah untuk makanan bayi atau makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI). (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved