Breaking News:

LAWAN COVID 19

Cegah Kerumunan di Masa Pandemi Covid-19, Ini yang dilakukan Disdukcapil Kota Jayapura

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura, Provinsi Papua mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dilaksanakan di Lapangan Hotel Relat Indah, Kelurahan Argapura Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (10/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura, Provinsi Papua mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Covid-19.

Khususnya layanan administrasi kependudukan melalui online atau daring atau disebut Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Program GISA tersebut, dilaksanakan di Lapangan Hotel Relat Indah, Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Lonjakan Pasien Covid-19, RSUD Manokwari Mulai Krisis Tabung Oksigen

Dalam program ini, Disdukcapil Kota Jayapura membuka pelayanan berupa perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Kartua Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), dan akta pencatatan sipil.

Masyarakat juga diimbau oleh otoritas Disdukcapil Kota Jayapura, tak perlu mendatangi Kantor Didukcapil, sebab dengan program GISA, pelayanan dapat dilakukan dimana saja.

Baca juga: 10 Nakes di RSUD Provinsi Papua Barat Terpapar Covid-19

Secara khusus dalam kegiatan itu, masyarakat Kelurahan Argapura, yang datang untuk mengurus keperluan administrasi, sangat antusias.

Sekadar diketahui, demi menjalankan instruksi Presiden RI Joko Widodo, untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak, maka diluncurkanlah pemanfaatan teknologi Artificial Inteligence (AI).

Baca juga: Diduga Depresi, Pria yang Isoman karena Covid-19 Sekap dan Aniaya Anak Tetangga, Warga Histeris

Hal itu berwujud chatbot bernama GISA untuk layanan administrasi kependudukan, yang akan membantu mewujudkan layanan online, di saat orang tak bisa berkumpul dalam jumlah banyak disatu tempat.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved