Breaking News:

PON XX Papua

Dua Strategi Dinkes Papua Jamin Kenyamanan dan Kesehatan Selama PON XX

Kami perketat protokol kesehatan agar kehadiran para tamu, atlet dan ofisial dari luar Papua ke Bumi Cenderawasih tidak menambah angka Covid-19

Penulis: Hendrik Rikarsyo Rewapatara | Editor: M Choiruman
TRIBUN-PAPUA.COM
Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinkes Papua,Yamamoto Sasarari (50) 

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dinas Kesehatan(Dinkes) Provinsi Papua telah mempersiapkan dua strategi dalam menyambut sekaligus menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dan Peparnas Tahun 2021.

Dua strategi tersebut adalah untuk menjaga kenyamanan para atlet, official, dan tamu yang akan datang ke Bumi Cenderawasih, baik untuk bertanding maupun untuk menyaksikan gelaran olahraga akbar tersebut.

Baca juga: Tim Sepakbola PON Papua Kembali Taklukkan Tim PON Sulut 2-0 di Stadion Klabat Manado

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinkes Papua,Yamamoto Sasarari (50) mengatakan, dua langkah strategis tersebut ialah memperketat protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah dan memutus penyebaran Virus Covid-19 dan pencegahan malaria yang hingga kini masih menjadi momok serius warga di luar Papua.

Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia terlebih khusus Papua, juga menjadi perhatian serius Dinkes Papua dan seluruh jajaran terkait. Agar menjaga kenyamanan bidang kesehatan Dinkes Papua mengutamakan pelayanan Protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Virus Corona.

Adapun ketentuan yang perlu diikuti oleh semua pihak agar selama kegiatan di Papua berjalan aman, nyaman dan lancar saat pandemi Covid-19, pihaknya menekankan prokes keoada semua pihak.

Baca juga: Mau PON XX Papua Sukses? Ini Saran Benhur Tomi Mano

Protokol kesehatan dibentuk dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan kesehatan orang lain.

Jika masyarakat dapat mengikuti segala aturan yang tertera di dalam protokol kesehatan, maka penularan Covid-19 diyakini dapat diminimalisir. Protokol kesehatan terdiri dari dua macam, seperti pencegahan dan pengendalian.

"Kami perketat protokol kesehatan agar kehadiran para tamu, atlet dan ofisial dari luar Papua
ke Bumi Cenderawasih tidak menambah angka kenaikan Covid-19. Kami akan bekerja maksimal, selalu waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan," kata Yama kepada Tribun-Papua.com, di saat dihubungi via telepon, Senin (19/7/2021) pagi.

Baca juga: Gubernur Lukas Instruksikan Penanganan Covid-19 dan Kepastian PON

Strategi kedua, kata Yama merupakan momok yang paling tidak sedap bagi teman-teman di luar Papua, yaitu masalah malaria.

Dinkes akan meminimalisir sekecil mungkin kantong malaria di empat venue PON,Mimika,Kota Jayapura,Kabupaten Jayapura dan Merauke.

"Mulai hari ini,besok dan seterusnya kami Dinkes akan upayakan pencegahan malaria dengan menyediakan ravelan agar menekan sekecil mungkin penularan parasit malaria agar penyebaran malaria bisa berkurang, semoga mereka yang datang itu tidak bawa pulang parasit," imbuhnya.

Kemudian ia berharap agar setiap tamu yang datang, kesehatanya tetap terjaga. Karena itulah harapan terbesar jajaran kesehatan. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved