Breaking News:

PON Papua

DPP Pemuda Saireri Ajak Semua Elemen Dukung PON XX Papua

Para pemuda terpelajar dari wilayah Adat Saireri yang mengatasnamakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Saireri siap mendukung PON Papua

Penulis: Nandi Tio G Effendy | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Nandi Tio G Effendy
Susana Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Saireri berpose bersama usai memberikan keterangan pers 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Para pemuda terpelajar dari wilayah Adat Saireri yang mengatasnamakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Saireri menyatakan kesiapannya mendukung penyelengaraan  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Tanah Papua.

Ketua Umum DPP Pemuda Saireri Gifli Buine mengatakan perlunya pemuda Saireri untuk proaktif dalam berkontribusi serta memberikan aspirasi kepada pihak penyelenggara PON XX Papua 2021.

Baca juga: Pedagang Keluhkan Sampah di Pasar Pharaa Sentani

"Kami tegaskan pernyataan sikap dalam upaya pelaksanaan PON Papua harus sukses dan tak boleh ada penolakan dari pihak manapun," kata Gifli Buine kepada awak media di Abepura, Kota Jayapura, Rabu (21/7/2021) siang.

Dia berharap, semua komponen masyarakat di Papua, turut serta mendukung PON di Bumi Cenderawasih, sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Uncen Jayapura Lantik 56 Dokter Umum untuk Membangun Tanah Papua

"Ketika nantinya masih terdapat penolakan dari cluster yang ada, pihak penanggung jawab KONI dan Mempora perlu turun tangan mengatasi masalah tersebut, serta transparansi anggaran harus jelas," katanya.

Para pemuda Saireri berpendapat PON merupakan ajang unjuk prestasi bagi anak-anak generasi muda Papua, karena itu perlu dukungan penuh dari semua pihak, termasuk para pemuda.

Baca juga: Dukung Percepatan Target Vaksinasi Covid 19, Stafsus Billy Mambrasar Terjun Langsung

"Kita orang asli Papua sudah diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah pusat, dalam hal ini penyelengaraan momentum empat tahunan ini, sudah sepatutnya semua pihak ikut mendukung, bukan sebaliknya,"ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Papua sebagai tuan rumah, harus dapat menunjukkan yang terbaik bagi para tamu serta kontingen dari seluruh daerah di Indonesia yang berkompetisi dalam perhelatan PON nanti.

"Bukan hanya sukses dalam penyelenggara tetapi juga sukses raih prestasi demi menjaga nama baik Tanah Papua," katanya.

Baca juga: Jajaran Kabareskrim Polri Diminta Tak Arogan dan Tindak Tegas Hoaks Penanganan Covid-19

Bagi dia, ketika ada pihak yang tak sependapat atau mencoba menggagalkan pelaksanaan PON, berarti oknum tersebut tidak paham akan kemajuan.

Berdasarkan isu keamanan di tanah Papua, ia memohon agar seluruh pihak dapat menjamin pelaksanaan PON. Khususnya TNI/Polri diminta lebih optimal dalam menyiapkan langkah teknis pengamanan selama perhelatan.

Pemuda Saireri juga mendukung rencana Pemerintah Provinsi Papua, yang akan menutup jalur masuk ke Papua, via udara maupun laut, demi mencegah angka penularan covid yang semakin tinggi di provinsi paling ujung timur Indonesia ini.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved