Breaking News:

Mencari Pengganti Klemen Tinal

DPP Demokrat Tegaskan Hanya Yunus Wonda Kadernya Maju Cawagub Papua

Ketua Umum Demokrat sudah menanyakan semua hal kepada Ketua DPD Demokrat Papua Lukas Enembe terkait nama yang diusulkan jadi calon Wakil Gubernur.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
RATAS DEMOKRAT - Sekertaris Partai Demokrat Boy Markus Dawir saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas bersama Sembila Parpol pengusung Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) untuk menduduki kursi Wakil Gubernur Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA, JAYAPURA - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua mempertegas hanya mengusulkan satu nama kadernya ke koalisi Papua Bangkit, yang nantinya akan dipilih oleh DPR Papua.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua, Boy Markus Dawir, menyebut satu nama itu adalah Yunus Wonda yang kini menjabat Wakil Ketua 1 DPR Papua.

Sebelumnya, nama tersebut sudah diputuskan dalam rapat internal partai berlambang mercy, mulai pusat hingga daerah.

"Kami hanya usulkan satu nama saja, dan SK dari Dewan Pengurus Pusat sudah diproses. Kami Demokrat sudah clear, dan tidak ada lagi perubahan atau penambahan nama ke koalisi," ujar Boy kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Sejumlah Nama Balon Wagub Papua Berasal dari Petinggi Partai hingga Jenderal Aktif

Baca juga: Abock Busup Diusung 2 Parpol Maju Bakal Calon Wabub Papua

Keputusan tersebut, lanjut Boy, disepakati dalam rapat terbatas secara daring bersama DPP Demokrat, yang dihadiri Ketua Umum, Sekjen, Ketua Bappilu, dan Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK), pada 16 Juli 2021.

Adapun DPD Demokrat Papua yang hadir; Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Ketua DPD, Plt Sekretaris DPD Boy Markus Dawir, dan Wasekjen DPP Demokrat, Rivai Darus.

Sebelum memutuskan satu nama tersebut, kata Boy, Ketua Umum Demokrat sudah menanyakan semua hal kepada Ketua DPD Demokrat Papua Lukas Enembe terkait kadernya yang diusulkan maju dalam bursa calon Wakil Gubernur Papua.

"Ketua Umum Demokrat juga sudah tanyakan ke Pak Lukas soal enam nama yang diajukan, dan Pak Lukas memilih satu sama sekaligus menjelaskan alasannya," jelasnya.

Sekadar diketahui, Koalisi Papua Bangkit (KPB) Jilid II yang mengusung Lukas Enembe dan Klemen Tinal pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Juni 2018 lalu terdiri dari 9 partai politik.

Antaralain Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PAN, NasDem, PPP, PKB, PKS, dan PKPI. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved