Breaking News:

Tips Hemat Kuota

Tips Hemat Kuota Data Internet Saat Zoom Meeting

Untuk menekan penggunaan kuota data, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan Zoom

Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
ZOOM MEETING - Pertemuan daring yang dilakukan oleh Tribun Papua bersama pihak Telkomsel, guna membahas rencana kerja sama ke depan Rabu (28/7/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, penggunaan aplikasi Zoom untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH) masih marak.

Aplikasi pertemuan daring dan video conference ini bisa menyedot kuota internet Anda. Bisa Anda bayangkan, berapa lama durasi rapat atau pembelajaran siswa berlangsung secara daring. Semakin lama durasinya, semakin besar pula kuota internet yang dibutuhkan.

Setahun Kuliah Daring, Linda Wonda: Terkendala Kuota Internet dan Sulit Menangkap Materi 

Untuk menekan penggunaan kuota data, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan Zoom. Dirangkum dari KompasTekno mengutip Kompas.com dari Cornell.edu dar, berikut cara-cara agar kuota data internet Anda lebih hemat dan tak menguras kantong saat menggunakan Zoom:

1. Matikan mikrofon Untuk mengurangi bandwidth, Anda dapat mematikan audio alias mikrofon ketika tidak berbicara. Agar tidak menimbulkan kepanikan, anda bisa mematikan mikrofon secara otomatis saat bergabung dalam rapat Zoom.

Caranya cukup mudah: Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email - Buka aplikasi Zoom versi desktop, kemudian klik ikon pengaturan di sudut kanan atas - Setelah kolom pengaturan dibuka, pilih opsi Audio di sisi kiri.
- Pada kolom Audio, pengguna dapat mencentang empat opsi berikut: "Automatically join audio by computer when joining a team" "Mute my microphone when joining a meeting" "Press and hold SPACE key to temporarily unmute yourself" "Sync button on headset" - Ketika empat opsi telah dicentang, artinya mikrofon milik Anda akan secara otomatis dinonaktifkan begitu bergabung dalam sebuah rapat.

Hanya 18 Persen Pelajar di Papua yang Terima Bantuan Kuota Internet, Ini Langkah Pemprov Papua

2. Matikan kamera Cara ini bisa dilakukan ketika Anda bergabung di dalam pertemuan atau diskusi yang sekiranya tidak terlalu resmi atau bersifat non-formal. Bisa juga ketika mahasiswa atau pelajar tidak sedang dalam posisi menyampaikan pendapat.

Untuk mematikan kamera, Anda cukup memilih opsi "Turn Off Camera" ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat. Jika Anda menjadi host, Anda juga dapat menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai.

3. Ubah kualitas video HD Mengaktifkan tampilan video saat rapat Zoom akan menguras kuota data internet. Apalagi jika dalam resolusi HD (High Definition).

Cara untuk menonaktifkan kualitas video HD adalah sebagai berikut: - Klik menu "Settings" atau Pengaturan - Lalu pilih opsi "Video" yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email - Pada bagian "My Video", nonaktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD". 

Simak Cara Dapat Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud, Siswa Terima 35 GB per Bulan, Guru 42 GB

4. Matikan fitur Share Screen Ketika Anda tidak perlu lagi menampilkan presentasi, pastikan untuk berhenti membagikan layar (sharing screen). Baik Anda sendiri maupun peserta lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved