Breaking News:

Webinar UNICEF

Kadis PPAD Papua Buka Webinar UKS/M Siap Belajar di Sekolah Lagi saat Pandemi 

Dengan adanya UKS, lanjut dia, maka akan menolong murid dan guru dalam jaminan mutu kesehatan di lingkungan pendidikan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Kepala Dinas PPAD Provinsi Papua Christian Sohilait membuka secara resmi webinar UKS/M yang diinisiasi oleh UNICEF, bekerja sama media Tribun-Papua.com, Kamis (5/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara    

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Webinar Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Madrasah atau UKS/M yang diinisiasi oleh UNICEF, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait, Kamis (5/8/2021) pagi.

Webinar yang bekerja sama media Tribun-Papua.com, itu mengambil tajuk "Siap Belajar di Sekolah saat Masa Pandemi".

Dalam sambutannya, Christian Sohilait menyampaikan pentingnya setiap sekolah atau madrasah, memiliki Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). 

Baca juga: Perketat Akses Penumpang Laut dan Bandara, Ini Aturan yang Dikeluarkan Pemprov Papua selama PPKM

Baca juga: Kasus Kematian akibat Covid-19 di Papua Naik 350 Persen, Ini Provinsi Lain yang Juga Meningkat

"Mengapa penting, sebab saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, dan setelah kembali bertatap muka di sekolah, maka kesehatan menjadi penunjang utama," jelasnya. 

Sohilait juga menyebutkan aspek kesehatan di sekolah menyangkut banyak hal, seperti kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, sanitasi atau kebersihan, Covid-19, kekerasan, dan kesehatan jiwa. 

Dengan adanya UKS, lanjut dia, maka akan menolong murid dan guru dalam jaminan mutu kesehatan di lingkungan pendidikan.

Mantan Sekda Kabupaten Lanny Jaya tersebut juga menyampaikan, selama ini banyak giat yang sudah dilakukan, namun belum terdokumentasi secara baik. 

"Harapan saya, webinar hari ini dapat mendorong kualitas pendidikan, yang terpenting anak semakin cerdas dan pintar, namun mereka tetap sehat," harapnya.

Sohilait juga mengajak UNICEF untuk dapat bersama-sama melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah dalam waktu dekat, guna memantau para pelajar.

Terakhir, atas nama Dinas Pendidikan, Sohilait mengucapkan terima kasih kepada para tenaga pendidik yang selama ini telah bekerja keras di lapangan. 

"Mulai dari PAUD, SD, SMP dan SMA serta rumah baca sudah saya kunjungi dan pantau mereka di masa pandemi saat ini," ucapnya. 

Ia berpesan agar masyarakat menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, mengingat tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Papua, belakangan ini.

"Mari sama-sama menjaga lingkungan kita, sesama kita, khususnya anak-anak kita di sekolah," imbaunya.

Sekadar diketahui, webinar yang diselenggarakan oleh UNICEF dengan isu pendidikan, merupakan webinar berseri yang akan ditayangkan secara berkelanjutan oleh beberapa jaringan Tribun Network se-Indonesia, termasuk Tribun-Papua.com. (*) 

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved