Breaking News:

Mencari Pengganti Klemen Tinal

Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo Jadi Kunci Terakhir Golkar Papua

DPD Golkar Papua telah mengusulkan empat nama calon, namun DPP merekomendasikan dua nama calon yaitu Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Paul Tambunan
TANGKAPAN LAYAR - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw. 

TRIBUN-PAPUA.COM: Kabaintelkam Mabes Polri Komisaris Jenderal (Komjen) dan mantan bupati Kabupaten Tolikara menjadi kunci terakhir DPP dan DPD Partai Golkar dalam pertarungan kursi Wakil Gubernur Papua.

Pertarungan tersebut dilakukan semenjak orang nomor dua di Provinsi Papua Klemen Tinal meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya.

Sebelumnya ada sejumlah nama yang masuk dalam bursa pencalonan dari partai berlambang pohon beringin tersebut.

Baca juga: Demi Kepentingan Bangsa, DPP Golkar Usung Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo

Para kandidat tersebut adalah Paskalis Kossay, Fernando Yansen Tinal, Ones Pahabol, dan Kenius Kogoya. Namun belakangan, empat nama tersebut tak masuk dalam proyeksi DPP Partai Golkar.

Padahal, DPD Partai Golkar Papua sudah mengusulkan empat nama tersebut termasuk Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo.

Putusan tertinggi ada di tangan DPP Gokar Pusat. Hal tersebut dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menjawab pertanyaan Tribun-Papua.com, Sabtu (7/8/2021).

"DPD sudah mengusulkan empat nama calon, namun DPP merekomendasikan dua nama calon yaitu Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo," katanya di halaman parkir kantor DPD Partai Golkar Papua siang tadi.

Menurutnya, penunjukkan dua nama tersebut sudah melalui mekanisme yang diatur dalam partainya.

"Sudah melalui berbagai pertimbangan. Partai ini kan partai tertua di Indonesia. Saya yakin, apa yang diputuskan DPP sudah melalui berbagai tahapan dan mekanisme partai," tukasnya.

Baca juga: DPD Golkar soal Calon Wagub Papua: Etisnya, Jabatan Itu Milik Golkar

Selain itu, kata Tandjung, penunjukkan Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo dilandasi oleh kepentingan bangsa, negara dan masyarakat Papua secara umum.

Sekadar diketahui, enam nama Calon Wakil Gubernur Papua yang telah diserahkan ke Partai Koalisi Papua Bangkit Jilid II diantaranya; Abock Busub dari Partai Amanat Nasional (PAN), Befa Jigibalom dari Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Papua.

Selanjutnya, Kenius Kogoya dari Partai Hati nurani rakyat (Hanura) Papua, John Tabo dari Partai Golongan Karya, (Golkar) Papua, Komjen Paulus Waterpauw dari Partai Golongan Karya (Golkar), dan Yunus Wonda dari Partai Demokrat Proivinsi Papua. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved