Breaking News:

Papua Barat Terkini

Komunitas Ketapang Dive Kwawi Kembali Tanam Karang di Teluk Doreri Manokwari

Aksi transplantasi ini, berangkat dari keprihatinan terhadap keberlanjutan terumbu karang di sekitar perairan Manokwari.

Tribun-Papua.com/Safwan A Raharusun
Saat para penyelam dari Komunitas Ketapang Dive Kwawi, Manokwari, hendak melakukan penanaman karang di Teluk Doreri, Papua Barat. 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM, MANOKWARI - Komunitas Ketapang Dive Kwawi, Kabupaten Manokwari, kembali menggelar penanaman terumbu karang di Teluk Doreri, Papua Barat.

Aksi transplantasi ini, berangkat dari keprihatinan terhadap keberlanjutan terumbu karang di sekitar perairan Manokwari.

Ketua Komunitas Ketapang Dive Kwawi, Alexander Sitanala (45), menjelaskan kegiatan tersebut sudah berjalan selama tiga bulan.

"Maksud dari kegiatan transplantasi terumbu karang, untuk tetap menjaga ekosistem dan biota laut di dalam Teluk Doreri," ujar Sitanala kepada TribunPapuaBarat.com, Rabu (11/8/2021).

Baca juga: Cuaca Buruk, Kapal Pengangkut Ratusan TON Kandas di Perairan Manokwari

Baca juga: AKBP Untung Sangaji, Tembak Teroris hingga Lawan Covid-19 Varian Delta

Selama ini, lanjut dia, Teluk Doreri tidak pernah mendapatkan perhatian.

"Kalau musim hujan, teluk ini akan menjadi tempat sampah," bebernya.

"Lewat kegiatan ini sejumlah habitat yang ada di laut seperti Lumba-lumba dan lainnya bisa masuk dan hidup dalam Teluk Doreri."

Dengan adanya pelestarian, para nelayan juga bisa dengan mudah menangkap ikan di sekitar teluk.

"Hari ini kami turunkan dua media yang di dalamnya ada 6 bibit terumbu karang berukuran 10 hingga 15 cm," jelas Sitanala.

Dengan kegiatan tersebut, ia berharap dapat mendorong masyarakat setempat berkontribusi dalam pelestarian terumbu karang, serta tak lagi membuang sampah ke laut. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved