Breaking News:

PON XX Papua

Jelang PON XX Papua, Pusat Souvenir Belum Diakomodir

Minimnya pusat perbelanjaan souvenir atau oleh-oleh (buah tangan) khas Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Tirza Boyandone
Souvenis khas Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Minimnya pusat perbelanjaan souvenir atau oleh-oleh (buah tangan) khas Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Kepala Distrik Abepura Dionisius Deda harapkan pihak PON dapat melihat hal ini segera.

Hal ini mengingat pelaksanaan PON di Papua sudah cukup dekat, namun belum terlihat adanya tempat bagi masyarakat untuk menampung souvenir khas Papua.

"Mungkin secara keseluruan sudah dibuat, namun harus memikirkan juga tempat pusatnya pembelian souvenir itu dimana. Tidak mungkin kan harus kesana kemari, harus satu titik dan itu menjadi senter utama perbelanjaan," tegasnya.

Baca juga: Dionisius Deda: PB PON XX Papua Harus Melakukan Sosialisasi ke Setiap Venue

Dion menambahakan, waktu cukup mepet harus ada anggaran pasti terkait hal ini.

"Waktu kita kan tinggal satu bulan, kalau mau membangun secara cepat itu bakalan susah. Dana yang diperluhkan pasti banyak, sehingga harus dipikirkan lagi," jelasnya kepada Tribun-Papua.com, Kamis (19/8/2021).

Selain itu, mulai libatkan masyarakat terkait apa saja yang akan diperjual belikan di tempat souvenir.

"Saya yakin masyarakat juga sudah diarahkan dan dipercayakan dalam menjual barang mereka, namun tidak semuanya," jawabnya.

Sehingga, dirinya berharap persiapan dan ketentuan dari lokasinya pun sudah harus dipikirkan.

"Kalau mau kita bisa sewa ruko untuk berjualan, namun kembali lagi kepada pihak yang bertugas kalau kami tetap mengikuti arahan," pungkasnya.

Tidak hanya itu, Dion menambahkan agar bila ada tempat yang sudah ditetapkan sebagai lokasi utama penjualan jelas, maka buatlah tempat tersebut terlihat menarik.

"Ya mungkin kalau mau lebih menarik, selain penjualan souvenir ada juga mini cafenya agar yang berkunjung menjadi penasaran dan menikmati suasana," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved