Breaking News:

Beli Sepeda Motor Bekas? Berikut Biaya Balik Namanya

Untuk mengubah status kepemilikan motor tersebut, pembeli harus melakukan balik nama BPKB motor dengan segera di Samsat tedekat. Baca Selengkapnya.

Editor: Paul Manahara Tambunan
(GridOto.com)
Ilustrasi lelang motor bekas 

TRIBUN-PAPUA.COM - Dalam pembelian sepeda motor di pasar kendaraan bekas, terdapat beberapa aspek yang patut diperhatikan baik meliputi kondisi motor maupun surat-surat alias dokumennya.

Sebab, tidak jarang motor yang dijual melalui perseorangan tidak lagi memiliki dokumen lengkap untuk digunakan secara legal di jalan.

Bila demikian, Anda harus siap-siap untuk mengurusnya ke kantor pelayanan terkait.

Dari beberapa dokumen kendaraan, salah satu yang patut diperhatikan ialah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai instrumen hukum yang sah untuk menyatakan suatu kepemilikan kendaraan.

Baca juga: KKB Yahukimo Punya Senjata dan Teleskop Cangggih, Rampasan dari TNI

Baca juga: 4 Berita Populer: Gubernur Keliru Ganti Dirut RSUD Jayapura hingga Pemain Termahal Persipura

Untuk mengubah status kepemilikan motor tersebut, pembeli harus melakukan balik nama BPKB motor dengan segera di Samsat tedekat.

Hanya saja, biaya yang perlu dibayarkan berbeda tiap wilayah tergantung kebijakan Pemda.

Sebagai patokan biaya balik nama motor di Tanah Air, Anda bisa menggunakan biaya balik nama sepeda motor yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta.

Berikut ini berbagai biaya balik nama motor sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 sebagaimana dikutip dari laman bprd.jakarta.go.id:

- Biaya administrasi Rp 35.000 - Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp 35.000 - Biaya pembuatan BPKB baru Rp 225.000 - Biaya pembuatan nomor polisi baru Rp 30.000

- Biaya administrasi Rp 35.000 - Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp 35.000 - Biaya pembuatan BPKB baru Rp 225.000 - Biaya pembuatan nomor polisi baru Rp 30.000. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beli Sepeda Motor Bekas, Ini Biaya Balik Namanya"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved