Breaking News:

KKB Papua

KKB Lemak Taplo Teror Proses Evakuasi Jasad Suster Gabriela, Pratu Ida Bagus Putu Gugur

KKB menembaki proses evakuasi jenazah Suster Gabriela Maelani di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang hingga menewaskan seorang anggota TNI.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto Pratu Ida Bagus Putu semasa hidup. Pratu Ida Bagus Putu gugur saat diserang KKB dalam menjalankan tugas di Papua pada Selasa 21 September 2021 pagi. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki proses evakuasi jenazah Suster Gabriela Maelani di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang hingga menewaskan seorang anggota TNI, pada Selasa (21/9/2021).

Pratu Ida Bagus Putu, gugur dengan luka tembak di bagian kepala.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Reza Patria mengatakan, saat proses evakuasi jenazah Suster Gabriela sempat terjadi baku tembak dengan KKB pimpinan Lamek Taplo.

Baca juga: KKB Ganggu Evakuasi Jenazah Suster Gabriela di Kiwirok, Seorang Prajurit TNI Gugur Kena Tembak

Baca juga: Praktisi Hukum Buka Suara Soal Pembantaia Sadis KKB terhadap Suster di Kiwirok Pegunungan Bintang

Kontak senjata terjadi pada Selasa sekitar pukul 06.30 WIT. Saat kontak senjata tersebut, Pratu Ida Bagus tertembak di bagian kepala.

"Dalam pelaksanaan evakuasi tersebut ada anggota TNI yang berupaya melakukan pengamanan. Dalam proses pengamanan tersebut, anggota kita gugur karena kontak tembak dengan KKB," kata Kolonel Reza Patria, Selasa.

Akibat kontak senjata itu, proses evakuasi jenazah Suster Gabriela sempat terhambat.

Namun, kini jenazah sang suster dan jenazah Pratu Ida Bagus sudah dievakuasi ke Jayapura.

"Karenanya, proses evakuasi terhambat. Jadi evakuasi tadi, ada dua jenazah yang dievakuasi," kata Reza.

Sementara itu, dikutip dari Kompas TV, Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Kristian Irreuw membenarkan adanya korban meninggal saat baku tembak dengan KKB pimpinan Lamek Taplo tersebut.

Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi bersama jenazah tenaga kesehatan atau nakes bernama Gabriela Meilan menggunakan helikopter milik Penerbad.

Baca juga: Pratu Ida Bagus Putu Gugur Diserang KKB Saat Evakuasi Jenazah Suster Gabriella dari Kiwirok

Helikopter kemudian mendarat di lapangan Makodam XVII Cenderawasih. Selanjutnya, jenazah Pratu Ida Bagus Putu dibawa ke RS Marthen Indey Jayapura.

Jenazah Gabriela Meilan, kata Dandim, juga dibawa ke RS Marthen Indey untuk diotopsi sebelum diserahkan ke keluarga.

Diberitakan sebelumnya, kontak senjata KKB pimpinan Lamek Taplo dengan personel TNI-Polri terjadi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, terjadi sejak Senin (13/9/2021).

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Pratu Ida Bagus, Gugur Ditembak KKB Saat Evakuasi Jasad Suster Gabriela, Jenazah Dievakuasi dengan Helikopter"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved