PON XX Papua

Tak Kunjung Cair, Pansus PON Temui Komisi X DPR RI Bahas Dana Rp 1,4 Triliun

Panitia khusus Pansus PON XX menemui Komisi X DPR RI membahas terkait dana APBN yang akan dikucurkan untuk perhelatan PON sebesar Rp1,4 triliun

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Istimewa
Suasana Panitia khusus Pansus PON XX menemui Komisi X DPR RI membahas terkait dana APBN yang akan dikucurkan untuk perhelatan PON 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Panitia khusus Pansus PON XX menemui Komisi X DPR RI membahas terkait dana APBN yang akan dikucurkan untuk perhelatan PON sebesar Rp1,4 triliun.

Ketua Pansus PON XX Kamasan Jack Komboy mengatakan, pertemuan ini sebagai bentuk tindaklanjut dari hasil pertemuan Pansus dan seluruh sub PB PON di tiap klaster yang dilangsungkan pada akhir bulan Agustus lalu.

Baca juga: Ungkap Persipura Jayapura Punya Persoalan yang Belum Terpecahkan, Jacksen F Tiago: PR Buat Saya

"Ada permintaan dari klaster agar Pansus hadir di Jakarta untuk dapat menanyakan secara langsung kepada Pemerintah Pusat agar dapat berkomunikasi dengan pihak-pihak yang menurut kami berkaitan dengan dana Rp 1,4 Triliun tersebut," kata Jack Komboy melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com,Rabu (22/9/2021).

Dia mengatakan, langkah awal yang diagendakan Pansus adalah bertemu dengan Komisi X DPR RI sebab merekalah yang mendukung pelaksanaan melalui penganggaran di DPR RI.

Baca juga: Penemuan Kerangka Manusia Berjenis Kelamin Laki-laki di Pantai, Diperkirakan Meninggal 3 Bulan Lalu

Dalam pertemuan ini, kata dia, Komisi X DPR RI juga mensupport dan akan membantu mendorong percepat proses pencairan dana Rp 1,4 Triliun.

"Mereka mengaku ini event nasional, event negara yang harus didukung oleh semua pihak terutama Pemerintah Pusat,"ujarnya.

"Dalam pertemuan juga kami sudah menyampaikan aspirasi kami kepada mereka dan mereka berjanji kepada kami akan ikut mendorong kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta Menteri Keuangan (Menkeu),"katanya.

Baca juga: Tambrauw Jadi Kabupaten ke- 5 di Papua Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional Presiden Jokowi

Sebagai Ketua Pansus PON XX, Jack berharap usai pertemuan tersebt, pembahasan terkait Rp 1,4 Triliun bisa dapat ditindaklanjuti.

"Besok komisi X sudah menyambungkan kami untuk dapat berkomunikasi dengan Menpora. Intinya bahwa kami mau mendesak pemerintah pusat karena ini adalah hal yang genting,"ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih menambahkan, pihaknya akan membantu mendorong dana Rp 1,4 Triliun karena ini event harus berjalan lancar.

Baca juga: Persipura Berproses Sejak Tahan Imbang Persija Jakarta

"Ada problematika teknis seperti yang terjadi sekarang ini, kita memfasilitasi dan berharap problematika ini bisa selesai. Tadi Kemenpora juga sudah kami fasilitasi, Pansus akan bertemu dengan Serketaris Menpora setelah itu ketemu dengan Menkeu," katanya.

Menurut dia, secara hukum bila anggaran tersebut sudah teralokasikan itu harus perlu cair.

"Kecuali ada tambahan anggaran dari plafon yang ada, kalau sudah direncanakan maka itu wajib cair. Kecuali kalau tidak ada alokasi anggarannya.  Sekarang ini kan probematikanya hanya percairan , kalau memang sudah ada saya kira itu harus segera cair,"tambah dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved