Breaking News:

KKB Papua

GAMKI Papua Minta OPM Segera Serahkan Gerald Sokoy ke LPKS atau Komnas HAM

Gerald Sokoy adalah saksi kunci atas kejadian pada 13 September 2021 di Distrik Kwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Gerald Sokoy (jaket biru sambil memegang kertas), tenaga kesehatan yang dikabarkan hilang pascapenyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang pada 13 September lalu, kini berada di tangan Tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dikomandoi Lamek Taplo. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Papua, Dominggus B Stenly Noya, meminta Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNB-OPM) segera menyerahkan tenaga medis atas nama Gerald Sokoy kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) atau kepada Komnas HAM Papua.

"Kami meminta supaya Nakes Gerald Sokoy diserahkan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) atau kepada Komnas HAM," kata dia dalam rilis yang diperoleh Tribun-Papua.com, di Jayapura, Sabtu (25/9/2021) siang.

Menurutnya, Gerald Sokoy adalah saksi kunci atas kejadian pada 13 September 2021 di Distrik Kwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Baca juga: GAMKI Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Terhadap Nakes di Kiwirok

"Karena yang bersangkutan adalah saksi kunci dalam kejadian dimaksud," ungkapnya.

Kata dia, hal itu perlu dilakukan agar proses pengungkapan kekerasan itu lengkap.

"Hal ini bertujuan supaya bisa mengungkapkan fakta sebenarnya dan obyektif terkait kejadian di Kiwirok. Siapa sesungguhnya yang bertanggungjawab, mengingat kesimpangsiuran informasi yang belakangan ini beredar di publik," ujarnya.

Baca juga: Warga Kiwirok Ngungsi karena KKB, Wakil Bupati Pegunungan Bintang Kirim Logistik

Dominggus mengatakan, sebelumnya Gerald Sokoy dinyatakan hilang, namun dikabarkan lagi sedang diamankan oleh TNPB-OPM di Kiwirok.

"Gerald Sokoy sebelumnya dinyatakan hilang dan berdasarkan informasi di beberapa media online bahwa yang bersangkutan bukan disandera tetapi diamankan di markas TPNPB OPM."

Baca juga: Keamanan Kiwirok Semamkin Diusik KKB, Polda Papua Siap Evakuasi Warga ke Jayapura

"Sekarang dalam keadaan aman, di mana selanjutnya akan diserahkan kembali kepada pihak keluarga melalui pihak gereja dan pemerintah daerah," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved