Breaking News:

Virus Corona

Tracing Dilakukan pada Kontingen Jakarta yang Sudah Pulang, seusai 5 Atlet Terpapar Covid-19 di PON

Tracing akan dilakukan berkaitan dengan temuan lima atlet DKI Jakarta yang terpapar Covid-19 saat hendak pulang ke Jakarta.

Editor: Claudia Noventa
TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19 - Tracing terhadap kontingen DKI Jakarta akan dilakukan berkaitan dengan temuan lima atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terpapar Covid-19 saat hendak pulang ke Jakarta. 

TRIBUN-PAPUA.COM  - Tracing terhadap kontingen DKI Jakarta akan dilakukan berkaitan dengan temuan lima atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terpapar Covid-19 saat hendak pulang ke Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, Dinas Kesehatan (DInkes) akan melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontingen yang sudah berada di Jakarta.

"Kami sedang berkoordinasi dengan KONI DKI, jadi prinsipnya sama seperti kami menemukan kasus positif, pasti kontak erat (akan) di-tracing, lalu dihubungi dan dipantau," kata Dwi saat dihubungi melalui telepon, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Klasemen Sementara Medali PON XX Papua 2021 Hari Ini: Tuan Rumah Tergeser dari Jawa Barat

Baca juga: Mutiara Rahma Putri Siap Persembahkan Medali untuk Jambi di Cabor Dayung

Dwi mengatakan, kemungkinan kontak erat terjadi antara atlet yang terkonfirmasi positif dengan atlet yang sudah pulang ke Jakarta.

Untuk itu, dia meminta agar semua atlet bisa melakukan isolasi mandiri sampai masa inkubasi selesai dalam dua pekan.

"Harus karantina secara mandiri dan pastikan bisa terhubung pada saat dihubungi petugas kesehatan untuk di-tracing. Bisa kooperatif, bisa komunikasi dengan lancar," ucap dia.

Dwi juga menyebut, saat ini lima kasus yang ditemukan di Papua kepada lima atlet di DKI Jakarta belum bisa disebut sebagai varian baru.

Varian baru, kata Dwi, bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan genome sequence yang saat ini pemeriksaannya hanya dimiliki oleh pemerintah pusat.

"Sampelnya dikirim untuk pemeriksaan genome sequence untuk mengetahui variannya," ujar dia.

Baca juga: Simak Jadwal Siaran Langsung Bulu Tangkis PON Papua 2021, Pertandingan Dimulai Hari ini

Dwi berujar, apa pun varian yang diderita atlet DKI, perawatan yang diberikan tetap sama seperti kasus Covid-19 pada umumnya yaitu isolasi dan perawatan secara intensif.

"Jadi prinsipnya perlakuan atau tata laksana pada pasiennya sama yaitu yang memenuhi standar, perawatan yang sesuai dengan kondisi medis," ujar dia.

Sebagai informasi, lima atlet DKI Jakarta yang berlaga di PON XX Papua dinyatakan terpapar Covid-19.

Tiga atlet dinyatakan terpapar di Timika dengan cabang olahraga judo dan basket. Sedangkan dua atlet yang berlaga di Jayapura dari cabang olahraga softball dan sepatu roda.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Atlet Jakarta Terpapar Covid-19 di PON XX Papua, Dinkes Lakukan Tracing

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved