Breaking News:

Sosok Piter Kalakmabin

Pahlawan Bumi Okmin Itu Pergi Untuk Selamanya 

Piter Kalakmabin adalah sosok yang di cintai masyarakat Pegunungan Bintang. Kepergiaanya meninggalkan duka mendalam.

Istimewa
Kabar duka sedang menyelimuti Tanah Papua, Piter Kalakmabin sebagai salah satu tokoh terbaik dari Bumi Cenderawasih dinyatakan tutup usia hari ini, Kamis (28/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pagi itu, Kota Oksibil, Pegunungan Bintang, diliputi kabut tebal. 

Bendera setengah tiang berjejer sepanjang jalan utama kota. Ribuan orang, mulai dari keluarga, masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) berjalan beriringan mengikuti mobil Ambulance yang mengaum, memecah lengang pada Senin, 1 November 2021.

Ya, mereka menghantar sang pemimpinnya, Wakil Bupati Piter Kalakmabin, ke tempat peristirahatan terakhir, setelah ia dinyatakan meninggal pada Kamis, 28 Oktober 2021 sekitar Pkl 11.15 WIT di RSUD Oksibil. 

Inilah hari terakhir, jenazah salah satu putra terbaik Bumi Okmin itu,siap dihantar dan dimakamkan di kampung halamannya di Bulangkop, Distrik Okaom.

Seluruh rakyat Pegunungan Bintang (Pegubin) berduka. Aktivitas berhenti sementara pada Senin pagi. 

Semua pandangan tertuju ke jalanan utama kota, menghormati jenazah sang pemimpinnya, yang diarak menuju Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Mabilabol dari rumah duka,yang siap menggelar perayaan misa requiem sesuai tradisi Katolik.

Baca juga: Anggun Jadi Bintang Utama Pembukaan Peparnas XVI Papua: Terakhir Kesini Namanya Masih Irian Jaya

Bupati Pegunungan Bintang Spey Yan Bidana, dengan mobil dinasnya, memimpin arak-arakan jenazah. Disusul Plt.Sekretaris Daerah Pegubin drg. Aloysius Giyai, dan ratusan ASN, serta keluarga, umat Katolik dan Kristen se-Kota Oksibil. 

Di pintu gereja, Pastor Paroki James Kosay, Pr didampingi Pastor Hilarius Pekey, Pr dan Pastor Vicky Buntal, Pr telah menunggu.

“Selamat datang di rumah Tuhan, sahabat Piter Kalakmabin! Rumah dimana engkau selalu hadir di setiap hari Minggu,” kata Pastor Hilarius Pekey, Pr dalam khotbahnya pada misa requiem itu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved