Breaking News:

Peparnas XVI Papua

Keterbatasan Akses Penyebab PB Peparnas XVI Tak Sediakan Tempat UMKM di Stadion Mandala

Panitia sudah mengusahakan komunikasi dengan pihak OCC acara pembukaan Peparnas yang berhubungan dengan Paspampres, namun tidak diizinkan. 

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PEPARNAS XVI - Koordinator Promosi dan Pemasaran Peparnas XVI Debora Solossa, mengatakan tidak menyediakan tempat atau stand, bagi mama-mama Papua karena aksesibilitas di Stadion Mandala, Kamis (11/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Keterbatasan akses menjadi alasan Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua tak menyediakan tempat jualan bagi pegiat UMKM lokal saat pembukaan Peparnas.  

Hal itu diungkapkan Koordinator Promosi dan Pemasaran Peparnas XVI Papua, Debora Solossa kepada Tribun-Papua.com, Kamis (11/11/2021). 

"Kita tahu bersama bahwa aksesibilitas dan lokasi di Stadion Mandala itu sempit, maka dari itu saat pembukaan kita pikirkan hal itu," jelasnya. 

Menurut Debora, pihaknya juga sudah mengusahakan komunikasi dengan pihak OCC acara pembukaan Peparnas yang berhubungan dengan Paspampres, namun tidak diizinkan. 

Baca juga: Komjen Paulus Waterpauw Pamit Setelah 34 Tahun Berkarir di Polri, Emban Tugas Baru

"Kami sudah coba minta sedikit space atau ruang bagi UMKM, hanya itu masuk di area steril," jelasnya.  

Menurutnya, hal itu dapat dipahami sebab kondisi ruang di Stadion Mandala relatif sempit, sehingga ruang untuk berjualan juga harus dibatasi. 

Panitia bahkan telah berencana untuk menjajakan berbagai kerajinan khas Papua, serta melibatkan para seniman batik, namun terkendala akses yang dibatasi Paspampres.

"Jadi bukan kami tidak berpihak pada UMKM lokal Papua, tetapi masalah akses dan lokasi yang menjadi kendala," terangnya. 

Baca juga: Profil Usmar Ismail, Bapak Film Indonesia yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Lebih lanjut, Debora menegaskan untuk upacara penutupan Peparnas XVI padan 13 November, pihaknya masih akan mengusahakan koordinasi dengan pihak terkait.

Ia berharap, mama-mama Papua bisa mendapatkan akses masuk sebatgi pegiat UMKM di Stadion Mandala Jayapura. 

Sebelumnya diketahui, beberapa mama-mama Papua terpaksa harus terlantar di pinggiran jalan Stadion Mandala Dok V,  untuk berjualan saat pembukaan Peparnas XVI Jumat (5/11/2021). (*) 

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved