Breaking News:

KKB Papua

OPM Bertanggungjawab Atas Penembakan Anggota TNI di Yahukimo Papua

Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara OPM Sebby Sambom lewat rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (23/11/2021).

Facebook
Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Prajurit yang bertugas di Papua ini adalah anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) bertanggungjawab atas penyerangan Pos TNI yang menewaskan Sertu Ari Baskoro di Distrik Suru-suru Kabupaten Yahukimo, Papua, pekan lalu.

Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara OPM Sebby Sambom lewat rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (23/11/2021).

"TPNPB Kodap 16 Yahukimo bertanggungjawab atas tembak mati satu anggota TNI dan seorang lagi mengalami luka tembak di Kabupaten Yahukimo, Papua," ujar Sebby.

Pernyataan ini, kata dia, menyusul laporan resmi dari Elkius Kobak selaku Panglima Tentara OPM di wilayah Yahukimo.

Baca juga: Kontak Tembak 6 Jam, Tendius Gwijangge Gembong KKB Papua yang Tewaskan Sertu Ari di Yahukimo

"Berdasarkan laporan konfirmasi dengan Panglima TPNPB Kodap 16 Yahukimo, maka Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM secara resmi mengumumkan ke publik," singkatnya.

Sementara itu, Danrem 172 Praja Wira Yakti Brigjen TNI Izak Pangemanan memerintahkan anggotanya di Yahukimo untuk tetap siaga mengantisipasi serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom (kanan)
Juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom (kanan) (TPNPB-OPM via BBC)

Pihaknya akan mengambil langkah penebalan pasukan di daerah itu, pascaserangan KKB yang menewaskan Sertu Ari Baskoro di Distrik Suru-suru, pekan lalu.

"Kita perkuat pasukan di sana, dimana ada terjadi aksi tersebut kita sudah siap hadapi mereka," kata Danrem dihubungi Tribun-Papua.com, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Brigjen Izak Siagakan Prajuritnya di Yahukimo, Pasukan Dipertebal Tumpas Tendius Gwijangge Cs

Izak mengatakan, pembangunan Koramil Suru-suru sudah selesai 100 persen, tinggal peresmian saja.

"Jadi tinggal menunggu perintah untuk diresmikan, kemudian masih menunggu administrasi dan langsung diresmikan," jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia sebelum menjadi Koramil yang resmi berdiri masih diisi aparat BKO teritorial.

Baca juga: Mengenang Alfredo Vera dan Eksodus Pemain Persipura Medio 2016, Kini Dipanggil Pulang

Diketahui, kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang markas Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Sabtu (20/11/2021) pagi.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Christian Irreuw menyatakan, pelaku penyerangan ialah KKB pimpinan Tendius Gwijangge. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved