Breaking News:

Papua Terkini

Pemekaran Wilayah di Papua Didukung Anggota Komisi II DPR

Guspardi Gaus mendukung pemekaran wilayah di Papua sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua.

Istimewa
Tarian adat warga Asmat saat menyabut penerbangan perdana pesawat jenis ATR 

TRIBUN-PAPUA.COM - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mendukung pemekaran wilayah di Papua sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua

Menurutnya, meski pemerintah telah menerapkan kebijakan moratorium pemekaran di wilayah Indonesia, namun kebijakan tersebut tidak berlaku untuk wilayah Papua

"Karena dalam UU Otsus Papua diberikan kesempatan untuk wilayah di Papua melakukan pemekaran melalui pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB)," ujar Guspardi kepada wartawan, Rabu (24/11/2021). 

Baca juga: OPM Ultimatum Bupati Hingga Warga Non-Papua di Yahukimo Usai Serang Pos TNI

"Dari empat rencana perubahan dalam Undang-Undang Otsus Papua akhirnya di setujui menjadi 17 perubahan. Hal ini menunujukkan komitmen dari pemerintah bersama DPR RI terhadap percepatan pembangunan di wilayah Papua," imbuhnya. 

Anggota Pansus Otonomi Khusus (Otsus) Papua DPR RI Guspardi Gaus mengungkap setidaknya telah lebih dari Rp 1.000 triliun berbagai sumber dana dikucurkan pemerintah, semenjak Papua menyandang status otonomi khusus.
Anggota Pansus Otonomi Khusus (Otsus) Papua DPR RI Guspardi Gaus mengungkap setidaknya telah lebih dari Rp 1.000 triliun berbagai sumber dana dikucurkan pemerintah, semenjak Papua menyandang status otonomi khusus. (dok pribadi)

Legislator asal Sumatera Barat itu menjelaskan, data dari berbagai sumber bahwa dalam 20 tahun terakhir, lebih dari Rp 1000 triliun dana sudah dikucurkan pemerintah dari berbagai sumber. 

Baca juga: Isak Tangis Alfredo Vera Awali Kebangkitan Persipura: Pemain Papua yang Terbaik

Namun belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap percepatan pembangunan di tanah Papua

"Untuk itu, saya sangat mendukung  apa yang di upakan forum Forum Kepala Daerah Se-wilayah Saireri untuk meminta kepada pemerintah pusat dilakukannya pemekaran wilayah di Papua."

Baca juga: Kunjungi Papua, Ini Pernyataan Mengejutkan KSAD Jenderal Dudung soal Penanganan KKB

"Semoga pemerintah pusat dapat segera memproses usulan Pembentukan Daerah  Otonomi Baru  (DOB) Provinsi Seireri demi percepatan pembangunan di tanah Papua," pungkas anggota Baleg DPR RI itu. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anggota Komisi II DPR Dukung Pemekaran Wilayah di Papua ,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved