Breaking News:

Papua Terkini

April 2022, Pemkab Jayawijaya Akan Sosialisasikan Perbup Penanganan Malaria

Pada April 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bakal menyosialisasikan penanganan malaria di daerh tersebut

Penulis: Musa Abubar | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Musa Abubar
Penanggung Jawab Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Silas Mabui. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pada April 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bakal menyosialisasikan penanganan malaria di daerh tersebut.

"Kabupaten Jayawijaya sudah punya Peraturan Bupati (Perbub) tentang penanganan malaria, yang nantinya di kampanyekan pada April 2022,"kata Penanggung Jawab Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Silas Mabui di Jayapura, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Dinkes Papua Perkuat Logistik Malaria

Lanjut dia, sehingga pada 2022 nanti semua orang yang hendak datang ke Kabupaten Jayawijaya wajib melakukan pemeriksaan RDT malaria di Bandara, sama dengan Covid-19.

Dia mengatakan, setiap orang yang berangkat ke Jayawijaya maupun kabupaten tetangga wajib melakukan pemeriksaan malaria melalui darah di Bandara Sentani Jayapura.

Sehingga, kata dia, ketika mereka melewati Kabupaten Jayawijaya, dan itu harapan pemerintah setempat dan juga masyarakat di daerah tersebut.

"Jadi, peraturan bupati untuk penanganan malaria di Kabupaten Jayawijaya sudah keluar, saya baru dari Kabupaten Jayawijaya mengikuti pertemuan preasesmen untuk eliminasi malaria di Jayawijaya,"katanya.

Baca juga: Disnakertrans Merauke Pantau Pembayaran THR Natal di Setiap Perusahaan

Dinas Kesehatan Provinsi Papua berharap Jawijaya bisa mempercepat eliminasi malaria di wilayah itu pada 2023, jika mekanismenya lambat berarti pada 2025 maka eliminasi malaria di Jayawijaya.

"Dengan adanya eliminasi di satu kabupaten itu merupakan tolak ukur untuk kabupaten lain, harapan kami Papua bisa untul menyumbang eliminasi malaria di tanah Papua,"tambah dia. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved