Breaking News:

Info Mimika

Akhirnya 7 Penumpang Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Asmat-Timika Ditemukan Selamat

Saat perjalanan tersebut, justru malah terdampar karena terkena jalur perairan dangkal atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya rep

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
HUMAS SAR TIMIKA
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi speedboat berpenumpang tujuh orang yang sempat dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat menuju Mimika, Papua, Kamis (30/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Upaya Tim SAR yang melakukan pencarian kapal cepat atau speedboat yang hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat-Timika akhirnya berhasil ditemukan, Kamis (30/12/2021).

SAR Gabungan Terjunkan 3 Tim, 7 Orang Penumpang Speedboat Belum juga Ditemukan

Kapal cepat berkekuatan 85 PK yang mengangkut 7 penumpang itu berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Kapal beserta para penumpangnya itu ditemukan di sekitar Perairan Puriri Timika Provinsi Papua, dalam kondisi kandas terkena rep atau terdampar di perairan dangkal Puriri.

Speedboat dari Asmat Menuju Timika Berisi 7 Orang Hilang, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Menurut keterangan salah seorang penumpang speedboat tersebut, dalam perjalananya dari Asmat menuju Timika mereka sebelumnya berlindung di Pulau Yapero karena cuaca buruk.

Saat cuaca mulai membaik, akhirnya pengemudi speedboat tersebut memutuskan untuk keluar dari pulau dan melanjutkan perjalanan menuju Timika Kabupaten Mimika Provinsi Papua.

Speedboat Berpenumpang 7 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat - Timika Papua

Saat perjalanan tersebut, justru malah terdampar karena terkena jalur perairan dangkal atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya rep.

Setelah ditemukan korban saat itu langsung diserahkan ke pihak keluarga yang saat bersamaan juga ikut melakukan pencarian bersama tim SAR dan petugas gabungan yang melakukan penyisiran jalur tersebut setelah hilang kontak.

Hati-Hati, Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan Berlubang di Poros Kurik Kabupaten Merauke

“Dengan berhasil ditemukanya korban dan telah diserahkan kepada pihak keluarga maka operasi SAR terhadap speedboat 85 PK diusulkan tutup dan potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," ungkap Kepala Kantor SAR Timika, George Leo Merchy Randang, Jumat (31/12/2021).

Ia mengimbau bagi pengguna speedboat sering beraktifitas jalur pelayaran Timika-Asmat atau sebaliknya agar benar-benar mematuhi standard pelayaran dan kelaikan berlayar, serta mengikuti imbauan dari pemerintah dan mengikuti informasi dari BMKG terkait cuaca, untuk menghindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Helikopter Air Fast Pancarkan Sinyal Bahaya di Kampung Kawe Boven Digoel Papua

Karena cukup banyak laporan musibah yang masuk di Kantor SAR Timika terutama di sebelah Selatan Papua banyak sekali kecelakaan.

Sebumnya kejadian tersebut dilaporkan di SAR Timika setelah menerima informasi dari bapak Raymond (keluarga korban) pada Kamis (30/12/2021), pukul 06.35 WIT.

Diketahui speedboat 85 PK berpenumpang 7 orang berlayar dari Asmat (28/12/2021) sekitar pukul 07.45 WIT. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved