Breaking News:

Papua Terkini

Ini Tuntutan Wali Kota Jayapura terhadap OPD Penerima DPA

Wali Kota BTM mengharapkan OPD konsisten dengan anggaran kas yang termuat dalam DPA sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Tribun-Papua.com/ Gratianus Silas
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menyerahkan DPA kepada OPD di lingkungan Pemkot Jayapura, Rabu (12/1/2022) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Gratianus Silas

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Dengan telah menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM), menguraikan beberapa hal penting bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pertama, Wali Kota BTM mengharapkan OPD konsisten dengan anggaran kas yang termuat dalam DPA sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Baca juga: KNPB Wilayah Balim Barat Mendesak Agar Viktor Yeimo di Bebaskan 

“Kemudian, segera tindaklanjuti DPA ini dengan penyiapan administrasi pelaksanaan kegiatan berupa dokumen pengadaan barang dan jasa sebagaimana diatur dalam peraturan pengadaan barang dan jasa,” ujar Benhur Tomi Mano, Kamis (13/1).

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan, kegiatan yang telah disusun dimanfaatkan seoptimal mungkin berdasarkan pagu anggaran yang dialokasikan pada masing-masing OPD dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparansi.

Baca juga: Beri Rasa Aman Masyarakat Kapolri Bentuk Tim Partoli

Diminta juga bagi OPD yang berhubungan dengan pelayanan untuk terus meningkatkan mutu terhadap seluruh masyarakat di Kota Jayapura.

“Pada 2022 ini, PAD pada ABPD ditarget Rp 243.534.222.771 (Rp 243 miliar lebih), sehingga saya minta OPD pengelola pendapatan tidak hanya fokus pada belanja saja, tapi juga pada target pendapatan,” jelasnya.

“Kita harus bergerak cepat dalam meningkatkan pendapatan daerah, maka OPD pengelola pendapatan mengoptimalkan pencapaian target per triwulan dengan melakukan upaya agar target PAD yang telah ditetapkan dapat tercapai,” tambahnya.

Baca juga: Ini Alasan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng Berhentikan Ribuan Honorer

Ditekankan pula, belanja yang menambah aset Pemkot Jayapura dalam DPA OPD harus tercatat dengan baik sesuai ketentuan pengelolaan aset daerah.

“Lalu, aset kendaraan pejabat yang lama, yang telah purna tugas, saya harapkan dikembalikan dan diserahkan kepada pejabat yang baru,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved