Timnas Indonesia

Ini Yang Dikagumi Ricky Kambuaya Terhadap Shin Tae-yong

Ricky Kambuaya bersinar di timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2020, mengungkapkan hal yang disukai dari pelatih Shin Tae-yong.

Editor: Roy Ratumakin
Tribunnews.com
Ricky Kambuaya, Pemain Timnas Indonesia saat berduel dengan pasukan Singapura. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pemain Persebaya Surabaya Ricky Kambuaya yang menjadi satu diantara pemain yang bersinar di timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2020, mengungkapkan hal yang disukai dari pelatih Shin Tae-yong

Ricky Kambuaya menyoroti dua hal yang ia kagumi dari sosok Shin Tae-yong, yakni perihal ketegasan dan disiplin. 

Pernyataan itu disampaikan Ricky dalam sebuah wawancara di Youtube PSSI yang diunggah pada Sabtu (15/1/2022). 

Baca juga: BABAK PERTAMA: Persipura Dalam Bahaya, Fitrul Rustapa Jadi Penyelamat

Menurut Ricky, ketegasan dan displin yang ditunjukkan Shin Tae-yong perlu ditiru para pemain sepak bola Indonesia. 

"Ketegasan coach Shin Tae-yong, itu yang mau saya ambil (untuk dijadikan pelajaran)," kata Ricky Kambuaya dikutip dari laman Kompas.com, Minggu (16/1/2022). 

"Beliau tegas dan disiplin. Tidak hanya disiplin soal waktu, tetapi semuanya. Saya pikir itu penting, apalagi untuk kami pemain bola," ucap Ricky. 

Pemain asal Sorong, Papua, tersebut juga menilai Shin Tae-yong memiliki sikap pantang menyerah. Hal itu juga yang coba diterapkan Shin Tae-yong pada diri para pemain timnas Indonesia

"Ketegasannya, cara melatih, bagaimana ia meminta kami untuk menambah stamina, dan kemauannya untuk tidak menyerah," ujar Ricky Kambuaya

Baca juga: SEDANG BERLANGSUNG, Persipura Versus Persiraja, Mutiara Hitam Dominasi Permainan

"Walaupun sudah sampai titik terendah, tetapi beliau paksa kami untuk terus berusaha dan berjuang. Itu yang saya sukai," kata Ricky. 

Perihal semangat berjuang dan pantang menyerah, itu terbukti saat final Piala AFF 2020 ketika Indonesia kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama. 

Shin Tae-yong menyadari bahwa peluang timnas Indonesia untuk menjadi juara sangat kecil dengan selisih gol sebesar itu. 

Baca juga: Starting XI Line Up Persipura Vs Persiraja: Kembali Gunakan Formasi Kala Hancurkan Persija

Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap memupuk rasa optimistis kepada skuad Garuda.

Meski pada akhirnya Indonesia harus puas menjadi runner up, mereka bisa bermain lebih bagus dan mengimbangi Thailand pada leg kedua dengan skor 2-2. 

Pemain belakang Madura United, Andik Rendika Rama, juga pernah berbicara soal ketegasan dan displin Shin Tae-yong dalam melatih. 

Tanah Papua tak hentinya melahirkan talenta-talenta terbaik bagi sepak bola Indonesia. Ricky Kambuaya adalah generasi terkini permata lapangan hijau dari Bumi Cendrawasih.
Tanah Papua tak hentinya melahirkan talenta-talenta terbaik bagi sepak bola Indonesia. Ricky Kambuaya adalah generasi terkini permata lapangan hijau dari Bumi Cendrawasih. (Tribunnews)
Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved