Sosok

Peduli Masa Depan Musik Papua, Sirga Rumagesan Kecam Keras Plagiator 

Anak laki-laki dari David Rumagesan Black Brothers tersebut berpendapat, perbuatan plagiat khsususnya di bidang musik tak baik untuk dicontohkan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
HIBURAN - Musisi Sirga Rumagesan kecam keras para plagiator musik, yang menurutnya merugikan diri sendiri dan orang lain, serta membungkam kreatifitas, Senin (17/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Peduli terhadap masa depan musik di Papua, pemusik Sirga Rumagesan (24) mengecam keras tindakan plagiasi atau mengambil karya orang lain untuk disiarkan ulang. 

Kepada Tribun-Papua.com, Senin (17/1/2022), Sirga mengungkapkan kekecewaannya atas tindakan plagiasi yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. 

Baca juga: Suku Togutil di Hutan Halmahera, Terancam Kehilangan Ruang Hidup Akibat Perambahan dan Tambang

Baca juga: Fientje Suebu Jadi Dubes RI untuk Selandia Baru, Ini Tanggapan Masyarakat Papua 

"Seharusnya ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua agar tidak sembarang mengambil karya ataupun ide orang lain. Budayakan meminta ijin," katanya. 

Anak laki-laki dari David Rumagesan Black Brothers tersebut berpendapat, perbuatan plagiat khsususnya di bidang musik tak baik untuk dicontohkan.

"Padahal apapun yang dibikin bisa menjadi unik dan bahkan disukai orang-orang di luar sana, tetapi sayangnya masih banyak yang suka meniru gaya nyanyi, lafal nada, dan lain-lain," sebutnya. 

Menurutnya, akan jauh lebih baik jika berkarya dengan keunikan itu positif dan punya nilai tersendiri.

Baca juga: Cerita Ricky Kambuaya, Nyaris Hancur hingga Bangkit Bersama Timnas Indonesia

"Saranku jauhilah plagiasi dan coba jelajahi karakter musik mu sendiri, jangan suka ikut ramainya saja," tandasnya. 

Dirinya berpesan kepada generasi muda agar lebih berhati-hati dalam berkarya, dan tetap terus berkarya dengan kejujuran.(*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved