Papua Terkini

Distribusi Produk Dex, Bentuk Pertamina Berkomitmen Lestarikan Lingkungan

PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan melalui penjualan dan pendistribusian produk berkualitas

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Humas PT Pertamina (Persero)
PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan melalui penjualan dan pendistribusian produk berkualitas, satu diantaranya produk Pertamina Dex yang merupakan bahan bakar minyak non subsidi untuk kendaraan mesin jenis diesel yang dirancang untuk menghasilkan performa mesin lebih baik serta ramah lingkungan. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan melalui penjualan dan pendistribusian produk berkualitas, satu diantaranya produk Pertamina Dex yang merupakan bahan bakar minyak non subsidi untuk kendaraan mesin jenis diesel yang dirancang untuk menghasilkan performa mesin lebih baik serta ramah lingkungan.

Baca juga: Pertamina Klaim Pertalite Masih Eksis di Tahun 2022

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan dengan Pertamina Dex, pembakaran jadi lebih sempurna sehingga menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus sekaligus kinerja mesin yang lebih bertenaga karena angka Cetane Number sebesar 53.

"Jadi, mesin kendaraan tidak akan lagi terganggu dengan suara mesin diesel yang berisik serta getaran mesin yang bikin tidak nyaman saat berkendara" kata Edi dalam rilis pers yang diperoleh Tribun-Papua.com, di Jayapura, Senin (17/01/2022).

Kata Edi, Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel dengan Cetane Number tertinggi yaitu 53 jika dibandingkan dengan produk Gasoil yang lainnya seperti Solar (Cetane Number 48) maupun Dexlite (Cetane Number 51).

"Cetane Number inilah yang menjadi tolak ukur level bahan bakar di dalam mesin diesel, semakin besar angkanya semakin baik pula kualitas pembakarannya, kemudian dari tingkat sulfur, Pertamina Dex memiliki angka sulfur terendah dibanding dengan Solar maupun Dexlite" jelasnya.

Baca juga: Kapolsek Abepura Berikan Bantuan Kepada Personilnya yang Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

Menurut Edi, jika solar mengandung sulfur maksimal 2.500 part per million (ppm) dan Dexlite maksimal 1.200 part per-million (ppm).

"Oleh sebab itu Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur maksimal hanya 300 part per-million (ppm) sehingga menjaga mesin tidak mudah rusak karena sulfur dapat memicu kadar asam pada mesin diesel yang berlebih sehingga mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin mulai dari saluran bahan bakar hingga munculnya kerak pada mesin," jelasnya.

Baca juga: Witan Sulaeman Akhirnya Gabung FK Senica, Status Pinjaman ?

Kata dia dengan angka cetane number yang tinggi dan kandungan sulphur yang rendah, Pertamina Dex menjaga mesin dan meningkatkan power mesin secara maksimal, dan tidak kalah penting Pertamina Dex merupakan bahan bakar ramah lingkungan dengan standar EURO 3.

"Penjualan Pertamina Dex ini juga bertujuan memberikan pilihan bagi pemilik kendaraan diesel agar kendaraannya bekerja dengan optimal l, sebab dengan kemasan dalam didalam jerigen, Pertamina Dex menjadi mudah dibawa dan menjadi cadangan untuk perjalanan jauh dan pengendara bisa merasakan sensasi pengalaman berkendara dengan lebih baik dan bertenaga serta ramah lingkungan.(*) ujarnya.

Sementara kata dia, Pertamina Dex ini juga nantinya akan dijual dalam bentuk kemasan jerigen

"Pertamina Dex akan dijual kepada masyarakat dalam bentuk kemasan jerigen 5 liter dengan harga Rp56.750/jerigen atau Rp 11.350/liter di 4 SPBU di Kota Jayapura yaitu SPBU APO, SPBU, Entrop, dan SPBU Padangbulan," pungkansya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved