Vaksinasi di Papua

Polda Papua Buka 44 Gerai Vaksin, Mathius D Fakhiri: Per Hari 1.500 Orang  

Kami berharap setiap hari ada peningkatan agar bisa memenuhi target sesuai arahan presiden. Ini semua butuh kerjasama pemerintah daerah

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
VAKSIN - Sejumlah warga Kabupaten Mimika mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Mimika akhir pekan tadi. Selain terus menggiatkan vaksinasi, warga juga diimbau taat protokol kesehatan khususnya memakai masker saat beraktifitas. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Papua, Polda Papua membuka 44 gerai vaksinasi.

Selain itu, polisi juga akan vaksinasi door to door juga terus dijalankan oleh Polda Papua didukung oleh TNI dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Curhat Kapolda Papua soal Cakupan Vaksinasi dan Upaya Mencegah Penyebaran Omicron

"Saat ini capaian vaksinasi dalam satu hari bisa mencapai 1.200 hingga 1.500 orang," ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri kepada Tribun-Papua.com di Polres Pelayanan Mimika, akhir pekan tadi.

Ia menjelaskan, beberapa hari kemudian, termasuk saat pelaksanaan vaksinasi sudah mencapai 3.400 orang.

"Kami berharap setiap hari ada peningkatan agar bisa memenuhi target sesuai arahan presiden. Ini semua butuh kerjasama pemerintah daerah didukung oleh teman-teman dari TNI," ujarnya.

Satgas Covid-19 Papua Prediksi Puncak Omicron Terjadi Pada Minggu ke 3 dan 4 Frebruari

Sementara itu, upaya mencegah penyebaran virus varian baru Covid-19 jenis Omicron, terus dilakukan pemerintah bersama jajaran pejabat di Kabupaten Mimika terus mengingatkan warga agar gunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

"Kami melakukan koordinasi dengan presiden, untuk mencegah penyebaran Omicron ini agar warga taat protokol kesehatan. Paling utama menggunakan masker,” ujar Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri kepada Tribun-Papua.com di sela-sela kunjungan kerja di Polres Mimika, akhir pekan tadi.

Penularan Omicron Lebih Cepat, Ini Himbauan Jubir Satgas Covid-19 Papua

Lebih lanjut dia mengatakan, adapun kendala utama pelaksaaan vaksinasi di Provinsi Papua adalah kondisi geografis daerah sehingga sasaran target vaksi belum real pada titiknya lantaran sulit dijangkau.

Meskipun secara khusus, Presiden Joko Widodo telah meminta pemerintah Provinsi Papua dan seluruh jajaran agar melakukan penguatan vaksinasi seperti yang telah dilakukan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua beberapa bulan silam.

Kalau Kitong Semua Taati Prokes, Jubir Covid-19 Papua: Covid Itu Barang Apa Jadi

“Kemudian kluster daerah transit warga ke Jayapura, Timika, Nabire, Biak, Merauke harus diperketat karena merupakan tempat tujuan dan juga keramaian yang selalu menjadi titik kumpul masyarakat," ucapnya.

Masih menurut Kapolda, khusus di Timika semua masyarakat yang datang dari pedalaman harus diperkuat dengan melakukan akselerasi percepatan vaksin dengan berbagai cara.

"Nanti Kapolres akan memimpin untukpercepatan pencapaian vaksin dosisi kedua disusul dengan booster. Kami berharap bahwa warga Timika melaksanakan vaksin," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved