Nasional

Karantina PPLN Dipotong Jadi 3 Hari, Sandiaga: Jika Kondisi Makin Baik, Diusulkan Bebas Karantina

Ia juga menjelaskan masa karantina 3 hari ini berlaku bagi PPLN yang sudah menerima vaksin booster dan tetap melakukan exit PCR test pada hari ketiga.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah menurunkan masa karantina menjadi 3 hari yang semula 5 hari bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Tetapi ini sesuai kondisi di lapangan, dan apabila kondisi semakin membaik akan diusulkan menjadi bebas karantina pada 1 April 2022 mendatang dengan syarat sudah menerima vaksinasi dosis 2 dan booster," ucap Sandiaga Uno, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Optimis Capai Target 280 Juta Pergerakan Wisatawan Nusantara pada 2022

Ia juga menjelaskan masa karantina 3 hari ini berlaku bagi PPLN yang sudah menerima vaksin booster dan tetap melakukan exit PCR test pada hari ketiga.

"Meski begitu, kita harus tetap hati-hati dan meningkatkan penerapanan protokol kesehatan. Karena kami mendapatkan laporan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun drastis hingga 50 persen," ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya, masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan kehati-hatian dan kewaspadaan tetap dapat dilakukan selama menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Efektivitas Pembayaran Digital, Sandiaga Uno: Percepat Pemulihan Ekonomi di Sektor Pariwisata

"Sehingga momen penerapan protokol kesehatan yang ketat ini dapat menjadi tolak ukur kebangkitan ekonomi di Indonesia," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan, terkait Work From Office (WFO) yang tadinya sebanyak 25 persen untuk PPKM level 3 akan ditingkatkan menjadi 50 persen.  (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved