Imigrasi Papua

Perjuangkan Kenaikan Kelas Kantor Imigrasi Mimika, Kakanwil: Kelak Jadi Legasi

Rencana kenaikan kelas Kantor Imigrasi TPI Mimika telah dirapatkan bersama Tim Asesment dan Penyiapan Pelaksana Kebijakan Sekjen Kemenkumham RI.

istimewa
Kanwil Kemenkumham Papua menerima kunjungan tim dari Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM RI untuk mendorong kenaikan kelas Kantor Imigrasi Tpi Mimika 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua menyambut kedatangan tim dari Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Ayorbaba, menyebutkan, kedatangan tim verifikasi merupakan tindak lanjut Surat Direktur Jenderal Imigrasi tentang rencana kenaikan kelas Kantor Imigrasi kelas II TPI Mimika menjadi Kantor Imigrasi Kelas I.

Rencana kenaikan kelas Kantor Imigrasi TPI Mimika sebelumnya telah dibahas dalam rapat bersama Tim Asesment dan Penyiapan pelaksana Kebijakan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI yang disertai Tim dari Program dan Pelaporan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Baca juga: Siap Jalin Kerja Sama, Imigrasi Kelas I Jayapura Apresiasi Kehadiran Tribun-Papua.com

Anthonius berharap tim dari Biro Perencanaan maupun dari program dan pelaporan memberikan bimbingan dan masukan kepada Kantor Imigrasi Mimika tentang persyaratan dan data dukung sebagai kelengkapan usulan kenaikan kelas.

Dengan demikian, semakin mempermudah realisasi dan persetujuan pusat untuk menaikkan kelas pada Kantor Imigrasi Mimika.

Lebih lanjut Ayorbaba mengimbau Kantor Imigrasi kelas II Mimika agar terus meningkatkan inovasi dalam pelayanan publik kepada Masyarakat di Bumi Amungsa.

Hal senada disampaikan oleh tim dari Bagian Program dan Pelaporan Direktorat Jenderal Imigrasi agar dipersiapkan beberapa unsur pendukung sebagai pengganti unsur-unsur yang pernah disampaikan sebelumnya ke Kementerian PAN RB yang dipandang menurun saat ini.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Papua Gelar FGD Bahas Grasi, Amnesti, Abolisi, dan Rehabilitasi

Sebagaimana yang dipaparkan, diantaranya pemberian ijin tinggal bagi orang asing dan pemberian izin masuk dan izin bertolak di bandara Moses Kilangin yang saat ini tidak dapat dilakukan lagi karena bandara belum berstatus Bandara Internasional agar diganti dengan unsur rencana pemerintah melakukan pemekaran Wilayah Papua.

Upaya ini diharapkan mendapat dukungan dari pemerintah daerah terkait dengan meminta dukungan dari Pemerintah Daerah upaya kenaikan kelas bagi Kantor Imigrasi Mimika.

Anthonius  memerintahkan Kepala Kantor Imigrasi Mimika untuk lebih intens berdiskusi dengan pihak Pemerintah Daerah dengan membangun sinergitas  untuk mencari dukungan, karena dengan kenaikan Kelas, tentu  Pelayanan Keimigrasian kepada masyarakat akan lebih Representatif apalagi dengan adanya TKA yang berada di PT Freport Indonesia.

Artinya kedepannya Bandara diharapkan mendapat penetapan sebagai Bandara Internasional.

Baca juga: Warga Merauke dan Sekitar Bisa Gunakan M-Paspor Sebelum ke Imigrasi, Togol : Ini Untuk Permudah

Ayorbaba optimis usulan kenaikan kelas bagi Kantor Imigrasi Mimika akan menimbulkan dampak positif bagi masyarakat terutama bagi pemerintah Daerah Provinsi Papua tengah kedepannya nanti.

Kakanwil Ayorbaba optimis menyatakan akan mengawal dan mendukung penuh kenaikan kelas pada Kantor Imigrasi kelas II TPI Mimika menjadi Kantor Imigrasi Kelas I karena ini akan menjadi Legasi bagi masyarakat Papua pada umumnya dan Kantor Wilayah Kementerian hukum dan Ham Papua khususnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved