Papua Terkini

PLBN Skouw Segera Dibuka untuk Umum, Gerakkan Roda Ekonomi di Perbatasan?

Nantinya, masyarakat Papua Nugini dapat berbelanja ke Pasar Wutung dan aktivitas perekonomian bisa berjalan optimal.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Potret gerbang Pos Lintas Batas Negara Republik Indonesia di Skouw Kota Jayapura Papua, yang telah ditutup untuk umum selama 2 tahun, akibat Pandemi Covid-19 yang melanda, Kamis (7/4/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pintu penghubung Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara Kota Jayapura-Papua Nugini di Skouw, Distrik Muara Tami akan segera dibuka otoritas terkait.

Rencana baik tersebut menyusul pasca-penutupan berkala PBLN selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Kepala Administrator PLBN Skouw Indonesia - Papua Nugini, Yan Numberi, mengatakan rencana itu tentunya atas kondisi penanganan Covid-19 yang sudah membaik, serta kasus yang sudah turun drastis.

Baca juga: Pemprov Papua Berharap Pintu Perbatasan RI-PNG Skouw Dibuka, Ini Penjelasan Suzana Wanggai

"Pemerintah Indonesia sangat siap sekali, kami tidak ingin berlama-lama, tetapi kami berupaya untuk membuka secara resmi dalam waktu dekat," kata Yan kepada Tribun-Papua.com di Abepura, Kamis (7/4/2022).

Yan memastikan pihaknya tak punya alasan lagi untuk menunda dibukanya pintu perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini.

"Ini sudah terlalu lama yakni dua tahun, dan situasi pandemi Covid-19 di dua daerah batas dalam dua negara ini sudah membaik," katanya.

Rencana tersebut tentunya mendorong roda perekonomian antar negara di perbatasann.

Nantinya, masyarakat Papua Nugini dapat berbelanja ke Pasar Wutung dan aktivitas perekonomian bisa berjalan optimal.

"Selama ini sebenarnya PLBN Skouw dibuka secara terbatas, hanya untuk keperluan deportasi, TKI yang masuk, dan kunjungan pejabat negara," ungkap Yan.

Baca juga: Dua Tahun Tutup, Yan Numberi : PLBN Skouw Segera Dibuka Untuk Umum

Sebelumnya, kedua negara baik Indonesia dan Papua Nugini secara resmi menutup pintu perbatasan masing-masing, sebagai langkah preventif untuk mencegah penularan wabah Pandemi Covid-19.

Sekadar diketahui, PLBN Skouw di Jayapura merupakan pos lintas batas tersibuk di Papua, karena melayani berbagai aktivitas masuk dan keluar, termasuk kunjungan pejabat tinggi negara. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved