Covid 19 Papua

Jelang Lebaran, BTM Optimis Kota Jayapura Zero Covid-19 untuk Kedua Kalinya

Menjelang lebaran Idulfitri 1443 H, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) optimis, ibu kota Provinsi Papua itu akan memasuki status zero Covid-19.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) dalam kesempatan wawancara beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menjelang lebaran Idulfitri 1443 H, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) optimis, ibu kota Provinsi Papua itu akan memasuki status zero Covid-19.

Hal itu lantaran ia melihat jumlah pasien positif Covid-19 yang saat ini dirawat terus melandai.

Kepada Tribun-Papua.com Senin (18/4/2022), Benhur menyebutkan jumlah pasien Covid-19 per Sabtu (16/4/2022), tersisa 3 orang yang tengah dirawat.

Baca juga: Umat Nasrani di Jayapura Panjatkan Doa untuk Wabah Covid-19 saat Perayaan Paskah

"Kita harapkan 4 hari ke depan, kalau kondisi pasien kita yang tengah menjalani perawatan ini baik, maka kita akan benar-benar kembali memasuki zero Covid-19 atau nol kasus Covid-19," sebutnya.

Ditanya soal varian Omicron baru, Benhur tetap mengimbau warganya untuk menerapkan protokol kesehatan ketat, selama berada di dalam dan luar ruangan.

"Mau varian apapun, kuncinya cuma satu disiplinkan prokes," katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau bagi masyarakat yang hingga saat ini belum mendapatkan vaksinasi, agar segera melakukan vaksinasi Covid-19, guna membentuk kekebalan tubuh komunal.

"Kita tahu memang ini kendala kita masih berada di status level 3 dan mau turun ke level 2, hanya saja capaian vaksinasi anak-anak dan lansia kita masih rendah, untuk itu kita harus genjot terus," paparnya.

Pria asli Port Numbay tersebut, mengaku senang karena setelah 2 tahun dalam ketidakpastian akibat Pandemi Covid-19, terdapat harapan baru untuk Kota Jayapura bangkit dan pulih.

Baca juga: Jayapura Menuju Zero Covid-19, BTM: Pertanda Yesus Telah Bangkit Menyelamatkan Manusia

"Tahun 2022 ini semakin baik, kita bisa melihat tempat-tempat ibadah dibuka secara 100 persen, umat muslim yang salat Tarawih dengan penuh khidmat, karena kita semua rindu dengan kondisi dulu," ucapnya.

Terakhir, Benhur mengharapkan agar kedisiplinan terhadap prokes yang telah dilaksanakan oleh masyarakat, agar tetap dipertahankan.

"Kita tentu berharap semua tetap taati prokes, ke mana-mana jangan lupa pakai masker, mau ke pasar, ke tempat ibadah, ke jalan, harus pakai masker," pintanya.

Sebelumnya diketahui, Kota Jayapura pernah memasuki zero Covid-19 menjelang Natal 25 Desember 2021 lalu.

Namun kasus aktif Covid-19 kembali menunjukkan tren peningkatan usai libur Natal dan Tahun Baru. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved