Pemkab Jayapura

Pemkab Jayapura Ingatkan Pemilik Hotel dan Restoran Wajib Bayar Pajak

Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kabupaten Jayapura, mengingatkan pemilik hotel dan restoran untuk wajib membayar pajak.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Kepala Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kabupaten Jayapura, Edi Siswanto. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, melalui Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kabupaten Jayapura, mengingatkan pemilik hotel dan restoran untuk wajib membayar pajak.

"Karena para pemilik hotel dan restoran adalah mitra pemerintah dalam hal pemungutan pajak," kata Kepala Bapenda Jayapura, Edi Siswanto usai mengikuti ramah tamah bersama pemilik hotel dan restoran, di aula lantai II, Kantor Bupati Jayapura, Sentani, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Distrik Nimboran Jadi Pilot Project, Bupati Jayapura: Sebagai Pusat Data dan Informasi

Dikatakan, hingga saat ini sumber pendapatan asli daerah masih bergantung dari pajak hotel dan restoran.

"Kami mengingatkan atas tugas yang perlu diperankan oleh mereka, dalam hal peningkatan PAD di Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Selain itu, kata Edi, kedepannya, Bapenda akan memasang pamflet imbauan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di setiap hotel dan restoran di Kabupaten Jayapura.

 

 

"Pamflet ini adalah peringatan kepada setiap tamu, apabila tidak menerima struk dari restoran, maka dianggap gratis, atau tidak dibayar," katanya.

Dikatakannya, hal tersebut dilakukan untuk menimbulkan kesadaran dari para pengelolah hotel dan restoran, serta konsumen.

Untuk pemasangan pamflet tersebut, menurut Edi, akan dikonsultasikan dengan Bupati Jayapura.

Baca juga: Diizinkan Mudik, Mathius Awoitauw Beri Peringatan Keras bagi ASN Pemkab Jayapura

"Karena beliau berkeinginan untuk memasang pamflet tersebut bersama Kapolres Jayapura," pungkasnya.

Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jayapura, Bambang Surhadi menambahkan soal pajak itu sudah menjadi tanggung jawab pihaknya.

"Kami berharap bagi teman-teman pemilik hotel dan restoran agar segera melakukan pemungutan pajak yang dilakukan oleh setiap pelanggang, agar hal itu dapat meningkatkan PAD Kabupaten Jayapura," kata Bambang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved