Nasional

Khofifah: 114 Orang di Jatim Suspek Hepatitis

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menemukan sebanyak 144 kasus suspect jaundice (kuning) akut yang bisa jadi berhubungan dengan hepatitis.

Editor: Roy Ratumakin
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menemukan sebanyak 144 kasus suspect jaundice (kuning) akut yang bisa jadi berhubungan dengan hepatitis akut di 18 kabupaten/kota di wilayan tersebut.

Temuan itu didasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur, minggu I hingga minggu ke-17 tahun 2022, tepatnya hingga Rabu (4/5/2022). Pada minggu ke-14 hingga minggu ke-17 2022, kasus suspek ini cenderung mengalami kenaikan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik, tetapi sigap melihat gejala yang ditimbulkan.

Baca juga: 3 Anak Meninggal Diduga karena Hepatitis Akut, Kemenkes: Mereka ke Faskes saat Kodisi Stadium Lanjut

Hal tersebut, kata Khofifah, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022 lalu.

"Maka semua orang, baik anak kecil maupun dewasa, harus punya awareness akan bahaya penyakit ini. Kita juga wajib gercep melihat gejalanya. Karena semakin cepat ditangani, peluang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan semakin besar," kata Khofifah di Surabaya, Jumat (6/5/2022).

 

 

Khofifah menyebut, gejala klinis dari hepatitis akut ini antara lain nyeri perut bagian bawah, diare, muntah-muntah, serta peningkatan enzim hati.

Hingga saat ini, tidak ditemukan gejala demam dalam sebagian besar kasus. Meski begitu, ia mengingatkan agar tidak lengah jika ada warga  masyarakat yang mengalami demam.

"Jangan anggap sepele gejala yang ada. Walaupun jarang ada pasien hepatitis akut ini yang menderita demam, tapi alangkah baiknya kalau masyarakat langsung memeriksakan diri ke faskes terdekat kalau sudah merasa tidak enak badan," ujar dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved