Internasional

Anak Soekarno Ini Ditunjuk Presiden Yoon Suk Yeol Jadi Utusan Khusus Perdamaian 2 Korea, Kok Bisa?

Megawati Soekarnoputri dianggap tokoh penting oleh pemerintah dan rakyat Korea Selatan dalam upaya perdamaian permanen antara Korsel dan Korut

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Perbatasan Korea Utara dengan Korea Selatan. 

TRIBUN-PAPUA.COMMegawati Soekarnoputri dianggap tokoh penting oleh pemerintah dan rakyat Korea Selatan dalam upaya perdamaian permanen antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut).

Hal ini disampaikan Sekretaris Presiden Korsel Kim Seok Ki saat audiensi dengan Megawati di Seoul, Korsel, Selasa (10/5/2022).

"Ibu Megawati adalah tokoh dunia yang mampu untuk memfasilitasi tercapainya perdamaian permanen antar kedua Korea dalam waktu tidak terlalu lama,” kata Ketua DPP PDI-P Rokhmin Dahuri menirukan pernyataan Kim, Selasa.

Baca juga: Berani Menentang Kim Jong-Un? Warga Korea Utara Siap-siap Dilempar ke Tanki Piranha

Dikatakan, Ketua Umum PDI-P tersebut ditugaskan khusus oleh Korsel untuk menciptakan perdamaian. Khususnya, bagi perdamaian abadi di dua negara Korea yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.

"Wakil Ketua DPR dan Sekretaris Presiden Korsel atas nama Pemerintah Korsel di bawah Presiden Yoon meminta Ibu Megawati Soekarnoputri tetap membantu atau menjadi utusan khusus untuk membuat perdamaian abadi dua Korea,” ungkap Rokhmin.

 

 

Menurutnya, di dalam pertemuan itu, Megawati bersedia menerima permintaan Korsel dengan senang hati.

Megawati juga sudah menyampaikan beberapa langkah pertamanya dalam tugas berperan membawa damai di Korea.

“Ibu Megawati menyarankan pendekatan dari hati ke hati atau persaudaraan harus diutamakan untuk perdamaian permanen kedua korea,” kata Rokhmin.

Adapun audiensi itu memang mengagendakan materi utama yang dibahas adalah mengenai hubungan Korsel dan Korea Utara pasca dilantiknya Presiden Yoon Suk Yeol pada Selasa.

Baca juga: Korea Utara Krisis Pangan, Pekerja Kantoran Turun ke Sawah: Kim Jong Un Sibuk Urusi Roket

Pertemuan itu, jelas Rokhmin, dilaksanakan secara tertutup.

Rokhmin Dahuri menyampaikan bahwa materi yang dibahas selain perdamaian Korea adalah mengenai penguatan dan pengembangan kerja sama yang saling menguntungkan dan menghormati antar Indonesia dan Korsel.

"(Kerja sama) Yakni di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan, research and development (R&D), hankam, dan politik," jelas Rokhmin.

Diketahui, Megawati tengah berkunjung ke Korea Selatan dalam rangka menghadiri upacara pelantikan Presiden baru Korsel Yoon Suk Yeol pada Selasa.

Kemudian, Megawati juga dijadwalkan akan menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA), hari ini, Rabu (11/5/2022). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul - Pemerintah dan Rakyat Korsel Anggap Megawati Tokoh Penting, Diyakini Bawa Perdamaian Abadi di Korea

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved