Info Merauke

Telkom Targetkan Jaringan Internet di Merauke Mulai Normal Pada 27 Mei 2022

Layanan TelkomGroup khususnya untuk trafik prioritas sudah beroperasi secara bertahap mulai 27 Maret 2022.

Penulis: Syarif Jimar | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Kantor plasa Telkomgroup Merauke dibanjiri pencari jaringan internet, Rabu ?30/3/2022?. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Layanan TelkomGroup khususnya untuk trafik prioritas sudah beroperasi secara bertahap mulai 27 Maret 2022.

"Update dari Direktur NItS Telkom, tanggal 27 Mei 2022 (jaringan internet, red) sudah mulai on air (mulai hidup). Biasanya bertahap,"kata Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Merauke, Jitzak Ninef kepada Tribun-Papua.com, Rabu (11/5/2022) malam.

Baca juga: KKB Tembak Sopir Truk di Puncak Papua

Dia mengatakan, hari ini kapal yang akan memperbaiki optik mulai bergerak dari Batam, Tanjung Pandan menuju Dobo.

"Kalau sampai Dobo, tidak lama lagi. Pengerjaannya kemungkinan tiga hari saja,"ujarnya.

Dia mengaku, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus mempercepat proses perbaikan sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) dirute Merauke - Timika pada jarak 289 km dari tepi pantai Merauke dan kedalaman 59 meter di bawah permukaan laut, sejak Maret lalu.

Baca juga: Athan Amerika Serikat Kunjungi Pangkogabwilhan III, Ini yang Dibahas!

"Kami terus mempercepat proses perbaikan SKKL SMPCS rute Merauke - Timika,"kata Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com.

Kini, menurut dia, kapal (cableship DPL) sedang melakukan penyiapan bahan bakar dan perlengkapan sekaligus tim expert usai proses perbaikan di titik infrastruktur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG).

"Setelah persiapan selesai, kapal akan langsung bergerak ke Merauke untuk melakukan perbaikan. Kami targetkan perbaikan kabel laut dapat diselesaikan pada akhir Mei 2022,"ujarnya.

Baca juga: Evaluasi 6 Pokja, Kantor Imigrasi Jayapura Serius Wujudkan WBK dan WBBM

Herlan menyebut, tentu Telkom sangat fokus dan memprioritaskan perbaikan agar infrastruktur telekomunikasi di Merauke kembali beroperasi normal dan pelanggan dapat menikmati layanan seperti semula.

Demi mempertahankan kualitas layanan akses internet di wilayah Papua, Telkom telah melakukan reroute ke link backup sebesar 3,25 GB yang terdiri dari Palapa Ring 1,25 GB dan satelit sebesar 2 GB.

Adapun layanan TelkomGroup yang sudah beroperasi secara terbatas antara lain layanan voice Telkom dan Telkomsel, IPTV, VPNIP, Astinet dan Data Internet.

Baca juga: Bupati Asmat: Pers, Kamu Hebat, Telingamu Tajam, Matamu Terang, dan Hatimu Bijak!

Telkom dan Telkomsel juga melakukan pengawasan penuh untuk mengatur semaksimal mungkin kualitas layanan selama masa transisi perbaikan SKKL.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan internet, Telkom juga telah menyiapkan beberapa lokasi Wifi Corner sebagai alternatif bagi masyarakat dan pelanggan IndiHome terdampak dalam mengakses internet.

Baca juga: SAH, Besok Paulus Waterpauw Dilantik Presiden Jokowi Jadi Pj Gubernur Papua Barat

“Kami akan melakukan upaya terbaik agar layanan TelkomGroup dapat segera pulih,"kata Herlan.

Herlan berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan semua pihak khususnya di wilayah Merauke dan sekitarnya kepada TelkomGroup.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan,”tambah Herlan.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved