Papua Terkini

Atribut Bintang Kejora Digunakan Bebas di Sentani Jayapura, Ini Sikap TNI dan Polri

Sejumlah atribut bermotif bintang kejora milik pengendara motor yang melintas di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)
ILUSTRASI - Unjuk Rasa Mahasiswa Papua di Depan Mabes TNI AD, Jakarta Pusat diwarnai Pengibaran Bendera Bintang Kejora, Rabu (28/8/2019). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Razia gabungan Polres Jayapura bersama TNI dari Lanud Silas Papare Jayapura, Bataylon 751/Raider, dan Koramil Sentani dilakukan di jalan raya Sentani-Waena di Hawai Distrik Sentani dan depan Mapolsek Sentani Timur, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (10/05/2022).

Sejumlah atribut bermotif bintang kejora milik pengendara motor yang melintas di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, diamankan dalam razia tersebut.

“Atribut motif bintang kejora ini kami langsung amankan sebagai barang bukti dari razia yang dilaksanakan oleh aparat gabungan TNI-POLRI,” ungkap Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dilansir dari Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Jayapura Papua, Polisi Interogasi Dua Orang, Pelaku?

Kata Fredrickus, atribut bermotif bintang kejora ini terdapat di kaus, tas, noken, dan gelang yang digunakan oleh pengendara yang melintas.

Selain atribut bermotif bintang kejora, petugas gabungan juga mengamankan sejumlah senjata tajam.

Aparat gabungan TNI-POLRI, saat melakukan rasia terhadap warga masyarakat yang melintas di jalan raya Sentani-Waena, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (10/05/2022).(KOMPAS.COM/Roberthus Yewen)
Aparat gabungan TNI-POLRI, saat melakukan rasia terhadap warga masyarakat yang melintas di jalan raya Sentani-Waena, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (10/05/2022).(KOMPAS.COM/Roberthus Yewen) (KOMPAS.COM/Roberthus Yewen)

 Ia menjelaskan bahwa razia sajam itu dilakukan untuk mengantisipasi demo massa dari Petisi Rakyat Papua (PRP) di wilayah Kabupaten Jayapura

“Dalam razia yang dilaksanakan, kami amankan juga sejumlah sajam yang dibawa oleh warga masyarakat saat melintas di jalan raya."

Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat menganggu kamtibmas,” katanya.

Baca juga: Ini Lokasi Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Kota Jayapura

Adapun senjata tajam yang diamankan, menurut Fredrickus, ada beberapa jenis, yaitu dua buah bambu runcing, 13 mata panah, dan enam senjata tajam.

“Senjata tajam yang dibawa warga ini sangat berbahaya. Sehingga kita perlu mencegah dengan menyita serta mengamankan benda-benda berbahaya tersebut,” tuturnya.

15 motor diamankan Petugas juga menertibkan pengendara sepeda motor yang tak memiliki kelengkapan surat kendaraan. 

Fredrickus mengungkap ada 15 unit sepeda motor yang diamankan.

“Ada sekitar 15 unit sepeda motor yang tidak memiliki surat-surat kendaraan, sehingga kami langsung tahan dan amankan,” tuturnya.

Baca juga: Cerita Bripda Jonathan Wengge, Turunkan Bendera Bintang Kejora di Papua demi Menjaga Indonesia

Usai motornya diamankan, pihak TNI-POLRI mengimbau kepada para pemilik kendaraan untuk membawa surat-suratnya, sehingga bisa mengambil motornya.

“Dalam razia ini kami temukan ada satu unit sepeda motor jenis Honda Beat yang ditemukan merupakan hasil curian, sehingga kami langsung amankan,” kata Fredrickus.

Fredrickus berharap, pengendara sepeda motor untuk tertib berlalu lintas di jalan raya, terutama memakai helm dan membawa surat-surat kelengkapan kendaraannya saat di jalan raya.

“Kami harapkan warga masyarakat, terutama pengendara bisa tertib berlalu lintas. Memakai helm dan membawa surat-surat kendaraannya selalu,” harapnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved