Internasional

Jokowi Jumpai Bos Tesla Sebelum Pulang dari AS, Ini Sosok Kunci di Balik Pertemuan Keduanya

Jokowi menyempatkan waktunya bertemu CEO Tesla Inc, sekaligus pendiri Space X, Elon Musk. Mereka membahas masa depan industri kendaraan di Indonesia.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Inc, yang juga pendiri Space X di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5/2022).(Dokumentasi Sekretariat Kabinet) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah telah menuntaskan pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakilnya Kamala Harris, serta para pemimpin negara Asia Tenggara, hingga para CEO perusahaan besar, dalam KTT Asean-AS selama 11-13 Mei 2022.

Sebelum bertolak dari negeri Paman Sam, Jokowi menyempatkan waktunya bertemu CEO Tesla Inc, sekaligus pendiri Space X, Elon Musk di Boca Chica, AS, pada Sabtu (14/5/2022).

Dalam Instagram dan Twitter pribadinya, Jokowi menungkapkan pertemuan dengan Elon Musk membahas dua hal.

"Tiba di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, siang tadi, saya langsung bertemu tuan rumah, Elon Musk. Kami berbicara tentang teknologi dan inovasi," kata Jokowi dikutip dari akun Instagram, Minggu (15/5/2022).

Dalam unggahan Instagram Jokowi, Elon Musk berpakaian santai mengenakan kaos hitam bergambar luar angkasa dan astronot saat menyambut Jokowi.

Baca juga: Diatur Luhut, Jokowi Bakal Bertemu Elon Musk di AS: Bangun Pabrik Mobil Listrik di Sulawesi?

Baju tersebut menggambarkan perusahaan antariksa milik Elon yakni Space X. Orang terkaya di dunia itu pun mengajak Jokowi berkeliling melihat fasilitas di Space X.

Elon Musk dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, sangat tertarik dengan masa depan Indonesia.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," katanya.

Rencananya, Elon akan berkunjung ke Indonesia pada November tahun ini.

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengungkapkan bahwa CEO Tesla Inc Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia.

Menurut Jodi, hal itu dilakukan setelah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan nikel Indonesia saat bertemu dengan Elon Musk di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Elon Musk Diundang Ratu Laut Indonesia ke Pangandaran Jawa Barat, Tak Mau Kalah dengan Jokowi?

Hal tersebut untuk memenuhi bahan baku pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

"Pak Menko Marves dalam pertemuan menjelaskan kepada Elon Musk bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan nikel dengan standar environmental, social, and governance (ESG) yang tinggi, terutama dari aspek lingkungan dan emisi karbon," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Bertemu Elon Musk, Ini yang Dibahas"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved